Tuesday, 23 May 2017

Andi Mallarangeng Divonis 4 Tahun Penjara

Jumat, 18 Juli 2014 — 15:55 WIB
and1i

JAKARTA (Pos Kota) – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Alifian Mallarangeng diganjar pidana penjara 4 tahun penjara atas perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek Pembangunan Lanjutan Pusat Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menilai Andi Mallarangeng terbukti secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan alternatif kedua, yakni dianggap melanggar Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke (1) jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada Terdakwa Andi Alifian Mallarangeng tersebut dengan pidana penjara selama 4 tahun,” kata Ketua Majelis Hakim, Haswandi saat membacakan amar putusan, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/7).

Selain pidana penjara, eks Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu juga dikenai pidana denda Rp200 juta. “Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan,” sambungnya.

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya menuntut 10 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu Andi juga terbebas dari tuntutan jaksa yang memintanya membayar uang pengganti sejumlah Rp2,5 miliar subsider 2 tahun kurungan.

Dalam menjatuhkan vonis, hakim mempertimbangkan hal-hal memberatkan dan meringankannya. Untuk pertimbangan memberatkan, perbuatan Andi dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam rangka penyelenggaraan negara yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sementara, pertimbangan meringankan, Andi belum pernah dihukum dan bersikap sopan selama proses persidangan. “Terdakwa juga telah mengabdi kepada negara dan mendapatkan penghargaan berupa bintang jasa utama dari pemerintah, Terdakwa belum menikmati hasil perbuatannya,” imbuhnya.

(yulian/sir)

Teks Gbr- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng, diminta hakim berdiri untuk mendengarkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta atas perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Jumat (18/7). (yulian)