Saturday, 17 August 2019

Jelang Lebaran

Pegadaian Diserbu Nebus Barang

Senin, 21 Juli 2014 — 16:44 WIB
Dokumentasi

Dokumentasi

BOGOR (Pos Kota) – Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Kantor Pegadaian Cabang Cibinong, di Jalan Raya Tegar Beriman,  Kecamatan Cibinong dibanjiri  warga, Senin (21/7).  Kali ini, serbuan warga itu bukan untuk menggadaikan barang, tapi  menebus barang yang sudah digadaikan.

Fenomena ini sedikit terbalik dan agak aneh. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pegadaian selalu dibanjiri  warga jelang Lebaran. Mereka menggadaikam barang berharga buat keperluaan Lebaran. “Memang fenomena  ini agak terbalik. Mulai  Senin ini, ratusan  warga datang menebus barangnya. Dibandingkan mereka yang menggadaikan lebih sedikit,” ujar  Kepala Pegadaian Cabang Cibinong, Kiki Retnowati.

Dia menilai kejadian ini terkait dengan sudah diterimanya THR dari sejumlah nasabah pegadaian. “Saat jelang puasa, mereka menggadaikan barang buat biaya sekolah anaknya  karena tahun ajaran baru. Bahkam, jelang Lebaran mereka tembus sebab sudah mendapatkan THR dari tempat kerjanya,” ujar Kiki.

Dia juga mengatakan, kebanyakan barang yang digadaikan berupa perhiasan emas dan berlian. “Sehingga wajar jika segera ditembus, sebab perhiaatan itu akan dipakai saat  Lebaran nanti,” tambahnya. Saat musim Tahun Ajaran baru 2012/2013 lalu  pegadaian bisa meraup Rp1,8 miliar, tapi sepekan jelang Lebaran turun hingga 30 persen.

Sejumlah nasabah pegadaian mengakui, saat tahun ajaran baru lalu mereka tak punya anggaran cukup buat biaya sekolah anak. “Anak saya tiga, semuanya butuh biaya buat daftar ulang sekolah. Si bungsu tahun ini mulai masuk SD. Anggarannya kurang sehingga ke pegadaian, kini setelah suami mendapatkan THR, kita tebus perhiasan gelang dan kalung,” ucap Ny. Endah, warga Perum Bumi Cibinog  Endah.

Menurutnya, menggadaikan barang ke pegadaian harus cerdas. Artinya, jika punya uang segera tembus, kalau ditunda-tunda, rugi. “Jika punya uang segera tebus barang itu.Kalua ditunda-tunda rugi dan bisa-bisa  barangnya hilang tergadai,” ujarnya memberi nasihat. (iwan/yo)

Foto: Istimewa