Thursday, 22 November 2018

Empat Penambang Emas Tertimbun

Rabu, 23 Juli 2014 — 0:01 WIB
Longsor Sukabumi1

BANDUNG (Pos Kota) – Empat penambang emas liar di Kampung Cikahurip, Desa Pasir Mukti, Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, tertimbun tanah saat mereka menggali tanah yang diduga mengandung biji emas, Selasa (22/7). Keempat warga yang tertimbun Ayut,40, Ijhen,42, Tatam,35, dan Nunu,37. Keempat korban tercatat warga Pasir Mukti, yang rumahnya tak jauh dari lokasi kejadian.

Kapolsek Cineam, AKP Suharto,  menjelaskan, peristiwa naas  itu berlangsung Selasa pukul 11.00. Mereka tertimbun tanah saat menggali lubang dengan cara tradisional.

Setelah membuat lubang keempat korban masuk lubang berkedalaman 30 meter. Mereka  menggali tanah yang mengandung biji mas dan diangkut ke permukaan untuk dilakukan proses penyaringan.

Beberapa jam lemudian, lanjut Kapolsek, keempat korban tak muncul. Pekerja lain di permukaan kaget, kemudian mereka mengecek ke lubang. Ternyata, ucap Kapolsek, keempat korban tidak terlihat dan mereka dicurigai terurug tanah. “ Setelah mendapat laporan kami dibantu anggota TNI dan warga setempat melakukan pencarian. Keempat korban ada di lubang berdiameter kecil sudah terurug,“ kata AKP Suharto.

Petugas di lokasi bekerja keras untuk melakukan evakuasi korban. Tanah yang mengurug mereka disedot menggunakan mesin pompa jenis jenset. “ Lubang kecil menyulitkan kami melakukan evakuasi,“ pungkasnya. (Dono)

 

Ilustrasi