Monday, 19 November 2018

Macet 20 Km di Jalur Pantura

Jumat, 25 Juli 2014 — 19:33 WIB
pantur1

KARAWANG (Pos Kota) – Arus mudik lebaran pada H – 3 (Jum’at pagi sampai petang) di Jalur Pantura Karawang dan jalur mudik pengendara sepeda motor dipadati  ribuan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua  menyebabkan kedua jalur ini mecet belasan kilometer dari Kosambi sampai Pangulah, Jatisari, begitu juga dari gerbang Tol Kopo menuju Simpang Tiga Jomin terjadi kepadatan arus.

Kemacetan terjadi akibat semakin padatnya kendaraan dari Jakarta menuju Cirebon. Diperkirakan, kemacetan terjadi lebih dari 20 kilometer, mulai dari jalan raya Klari sampai simpang Jomin hingga ke jalur Pantura Karawang.

Kendaraan pemudik yang terjebak macet di jalan arteri Karawang sampai simpang Jomin itu ialah mereka yang berasal dari arah Jakarta ke Jalur Pantura keluar di gerbang Tol Karawang Timur atau gerbang Tol Dawuan.

Akibat kemacetan itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor dan roda empat berjibaku melewati bahu jalan. Bahkan, pemudik motor terpaksa melintasi trotoar jalan.

“Sudah lebih dari tiga  jam saya terjebak macet di sini (jalan arteri Karawang menuju simpang Jomin),” kata Amad, pemudik, dari Jakarta menuju Cirebon.

Dia mengaku memilih untuk tidak melewati gerbang Tol Cikampek dan keluar gerbang Tol Karawang Timur agar tidak terjebak macet parah saat melintasi simpang Jomin. “Tetapi sama saja, tetap terjebak macet untuk menuju jalur Pantura,” katanya.

Petugas Satlantas Polres Karawang, ketika ditemui Pos Kota di Pos Simpang Tiga Mutiara mengatakan,  Jumat ini merupakan hari terakhir kerja menjelang cuti bersama Lebaran dan dipredikasi pada Sabtu (H – 2), terjadi puncak arus mudik dari arah Jakarta menuju Cirebon dan Jateng.

Hingga Jumpat petang, petugas di Simpang Tiga Mutiara, tetap memberlakukan system buka tutup jalur dari arah Tol Kopo menuju Simpang Jomin dengan mengalihkan ke jalur Ir H . Juanda melalui kolong jembatan laying Kota Cikampek menuju jalan Sudirman.  Berbagai cara kepadatan arus di Jalan Pantura maupun jalan alteri dari gerbang Tol Kopo menuju Simpang Tiga Jomin dan Kota Cikampek.  (nourkinan)

Foto: Toga

  • bagong

    gpp macet, wong dah biasa bermacet-macet ria di jkt……