Sunday, 24 June 2018

Dua Wajib Militer Korea Selatan Tewas Gantung Diri

Selasa, 29 Juli 2014 — 21:23 WIB
Militer Korsel

SEOUL – Dua peserta wajib militer di Korea Selatan tewas bunuh diri pada Minggu (27/07), kata pejabat militer.

Militer Korsel-330B

Semua pemuda Korea Selatan harus ikut wajib militer selama dua tahun.Reuters

Insiden ini terjadi beberapa pekan setelah seorang tentara menembak lima anggota kesatuannya.

Dua orang, keduanya prajurit, ditemukan gantung diri di barak yang terpisah.

Mereka sebelumnya sudah dimasukkan dalam daftar peserta yang harus diawasi karena ada kekhawatiran tentang stabilitas pikiran mereka.

Seperti diketahui, Korea Selatan menerapkan sistem wajib militer yang mengharuskan semua pria melaksanakannya selama dua tahun. Sebagian besar mengikuti wamil ketika berusia pada awal 20-an tahun.

Periode wajib militer di negara ini adalah salah satu yang terpanjang jika dibandingkan dengan negara-negara yang juga menggelar wamil.

Bullying dan masalah kesehatan mental diduga menjadi penyebab sejumlah insiden serangan atau bunuh diri yang pernah terjadi sebelumnya.

Pada bulan Juni lalu, seorang tentara melepaskan tembakan dan membunuh lima anggota kesatuannya. Dia lalu mencoba menembak dirinya sendiri, tapi nyawanya masih bisa diselamatkan.

Dia dideskripsikan sebagai orang yang sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan militer, dan juga telah ditempatkan pada daftar pengawasan.

Baik dia dan salah satu dari orang-orang yang bunuh diri pekan ini ditugaskan ke unit garis depan dekat zona demiliterisasi Korea Selatan dan Korea Utara.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan ada sejumlah langkah yang ditempuh untuk membantu tentara rentan beradaptasi dengan kehidupan militer.

“Kami berjuang untuk menemukan solusi mendasar di tengah kenyataan pahit kurangnya langkah-langkah sistematis untuk mendukung peserta wamil,” kata kantor berita Yonhap mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya. – bbc/d