Tuesday, 25 September 2018

Hari Kedua Lebaran, Obyek Wisata di Bogor Diserbu Pengunjung

Selasa, 29 Juli 2014 — 15:31 WIB
diserbu1

BOGOR (Pos Kota) – Hari kedua Lebaraan sejumlah obyek wisata di Bogor diserbu wisatawan domestic dari berbagai daerah. Pengunjung objek wisata mengalami peningkatan antara 50-100 persen dibandingkan hari biasa. Objek-objek wisata yang menjadi favorit itu di antaranya Kebun Raya Bogor (KRB), Taman Safarai Indonesia (TSI), Taman Wisata Matahari (TWM) Taman Topi Ade Irma Suryani, The Jungle dan The Jungle Land di kawasan Sentul.

Sejak pagi antrian panjang kendaraan sudah terjadi mulai dari akses keluar Tol Jagorawi hingga simpang Gadog. Tak hanya itu, kemacetan juga terjadi di simpang Megamendung, TWM, Pasar Cisarua, TSI hingga Riunggunung. “Hari ke-2 lebaran, sepertinya dimanfaatkan sebagian masyarakat berwisata ke Puncak,” ujar petugas Gerbang Tol Ciawi Yusuf

Data dari pintu Tol Gadog, hingga pk.12:00 sudah 22.674 kendaraan menuju ke kawasan Puncak. Mengantisipasi lonjakan ini, pihaknya membuka 6 gardu untuk melayani kendaraan yang keluar tol. ”Kita prioritaskan kendaraan yang keluar tol,” katanya seraya memprediksi libur Lebaran kali ini, sekitar 70 ribu kendaraan bakal melewati gerbang Ciawi.

Sedangkan petugas Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup. “Meski terjadi antrian sekitar 3 Km, kita berlakukan sistem buka tutup, sebab sebagian warga Puncak juga masih banyak melakukan silatahtirahmi,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Mohamad.

Sejumlah pengendara mengaku terjebak kemacetan lebih dari dua jam mulai gerbang Ciawi hingga Gadog dan berharap polisi dapat mengurai kemacetan. “Mumpung liburan Lebaran, kami sengaja ke Puncak dan kebetulan sanak famili dari Bengkulu datang. Tapi tak mendunga sejak pk.06:30 kita sudah terjebak di pintu keluar Ciawi,” katan Johari yang datang bersama tiga mobil rombongan.

Sebagian pengunjung ini berlibur di TSI, TWN, dan menginap di vila. Sampai pk.12;30, TWM sudah menyedot 6.622 pengunjung. “Tahun lalu sekitar 57 ribu pengunjung, tahun ini kita targetkan 60 ribu pengunjung,” ungkap Human Resource Department TWM, Azwir.

Lonjakan pengujung juga terjadi di TSI. Menurut Humas TSI, Yulius H Suprihardo, Lebaran kedua ini TSI sudah menembus di angka 12 ribu pengunjung. “Kita berharap selama liburan Lebaran ini pengunjung di atas 75 ribu,” katanya.

Bukan hanya di kawasan Puncak, di Kota Bogor juga dibanjiri pengunjung. Seperti KRB, Lebaran pertama, pengunjung tercatat 2.487 orang. Sedangkan pada hari kedua hingga pk.14:00 melonjak di atas 10 ribu orang. “Lebaran pertama dan kedua ini, pengunjung sudah mencapai 11. 425 orang sampai pk.14:00. Pengunjung kebanyakan datang bersama keluarganya,” kata Humas KRB Yuriawan.

Mengantisipasi berbagai kemungkinan dari lonjakan pengunjung ini, KRB menyiapkan Posko Kesehatan lengkap dengan petugas medis PMI dan keamanan internal dengan dibantu kepolisian.. “Kita sudah antisipasi suasana saat ramai,” tambahnya.

Beberapa keluarga datang bersama anak dan kerabatnya. Seperti yang dilakukan Rianti yang datang bersama dua anakn, istri dan empat familinya. “Kami memang mau ke KRB untuk wisata. Kalau ke Puncak, macet, anak-anak tidak mau,” katanya. Dengan hanya mengeluarkan kduit sebesar Rp10 ribu per orang, pengunjung bisa mengelilingi KRB dan menikmati 3.357 jenis koleksi tanaman yang dibuka mulai pk.07:30-17:00.

(iwan/sir)

Teks Gbr- Obyek wisata KRB dibanjiri pengunjung pada hari Lebaran kedua (iwan)