Wednesday, 14 November 2018

Mulai Tampak di Kampung Rambutan

Pemudik Balik Lebih Awal Karena Takut Macet

Rabu, 30 Juli 2014 — 22:39 WIB
ramburanter

CIRACAS (Pos Kota) – Arus balik Lebaran tahun 2014 sudah mulai terasa di Terminal Bus Kampung Rambutan, Pasar Reno. Jakarta Timur Rabu (30/7). Beberapa warga mengaku memilih balik ke Jakarta lebih awal karena takut terjebak macet.

Seperti yang diungkapkan Citra, 44, yang baru balik kampung halamannya Garut, Jawa Barat. Ia khawatir alami macet panjang bila menunggu besok. “Lebih baik balik sekarang, dari pada nanti malah macetnya tambah parah,” katanya, Rabu (30/7).

Menurutnya, dipilihnya pulang lebih awal lantaran Rabu (6/8) mendatang anaknya sudah mulai sekolah. Dari situ, agar buah hatinya tidak terlalu lelah, ia  bersama suami dan kedua anaknya pulang lebih dulu. “Saya mikirnya, kalau pulang Sabtu besok malah macetnya makin parah, jadi lebih baik sekarang karena bisa juga bersilaturahmi dengan tetangga dirumah,” kata wanita yang tinggal di kawasan Kramatjati.

Kepala Terminal bus Kampung Rambutan, Dwi Basuki menuturkan, hingga saat ini jumlah arus balik masih terbilang normal. Dimana menurut catatannya, saat ini sekitar 15.767 warga sudah kembali datang dari kampung halamannya. “Kalau dari jumlahnya memang meningkat dari tahun lalu yang mencapai 10.463 jiwa,” ungkapnya.

Ia pun memprediksi, puncak arus balik yang terjadi di terminal bus Kampung Rambutan akan terjadi pada H+3 atau tepatnya pada hari Jumat mendatang. Pasalnya, mulai Senin mendatang para karyawan sudah akan masuk kerja dan selanjutnya anak-anak akan masuk sekolah. “Prediksinya H+3 namun  masih prediski, pasalnya jumlah arus mudik kemarin juga mengalami penurunan drastis hingga 40 persen,” jelasnya. (Ifand)

Teks : Suasana arus balik di terminal bus Kampung Rambutan. (Ifand)