Thursday, 19 September 2019

Puncak Kembali Diberlakukan Buka Tutup

Sabtu, 2 Agustus 2014 — 18:25 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Sistim buka tutup (one way) kembali diberlakukan satuan Lantas Polres Bogor Sabtu (2/8) di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.

Sistim satu arah kembali diterapkan sekitar pukul 14.30 di jalur Gadog menuju kawasan wisata Puncak dan Cipanas Cianjur, akibat volume kendaraan dua arah menunjukan peningkatan.

Sistim satu jalur jelang magrib berlaku untuk kendaraan yang hendak menuju Jakarta dari arah Puncak.
“Waktu pemberlakukan one way situasional. Kalau kondisi kepadatan di Puncak berkurang, akan dibuka dua arah. Kalau belum lancar, karena masih padat kendaraan dari atas ke bawa, maka one way tetap berlaku,”kata AKP M Chaniago, Kasat Lantas Polres Bogor di Pos Aju Gadog Sabtu (2/8).

Sistim satu arah, digunakan pengguna jalan yang hendak ke Jakarta dengan memacu laju kendaraan 60-80 km/jam. “Sebelum satu arah, paling hanya 10 Km/jam. Memasuki kawasan Gadog selepas turunan Selarong, kendaraan bisa dipacu diatas 80 km/jam,”paparnya.

Kebijakan menutup kendaraan yang hendak menuju Puncak dari bawah, membuat lalu lintas sedikit lengang. Kepadatan kendaraan yang didominasi kendaraan berplat B dan roda dua saling kejar-kejaran memacu di jalan.
Hingga lepas magrib, jalur Puncak tidak terlihat penumpukan untuk jalur yang mengarah ke bawah.
Sementara kendaraan yang hendak naik, tertahan di GT Ciawi. Kendaraan yang melewati jalur alternatif, tertahan disimpang Gadog. (yopi)