Saturday, 17 November 2018

Pelabuhan Bakauheni Dipadati Penumpang Arus Balik

Minggu, 3 Agustus 2014 — 8:14 WIB
bakauheni

LAMPUNG (Pos Kota) -Arus balik Lebaran dari Pelabuhan Bakuheni, Lampung Selatan menujuPelabuah Merak, Banten, sejak  Sabtu (2/8) malam hingga Minggu (3.8) pagi ini terus meningkat.Tampak antrean panjang baik mobil pribadi maupun pejalan kaki memasuki dermaga.Diperkirakan puncak arus balik dari kawasan Sumatera ke Jawa dan sebaliknya akan berlangsung hingga Minggu malam nanti.

Bahkan Sabtu kemarin akibat gelombang yang disertai angin membuat kapal motor penumpang (KMP) membutuhkan waktu untuk sandar di dermaga. Tidak hanya itu, Ramdoor KMP juga bergoyang sehingga pengemudi mobil harus ekstra hati-hati dan membutuhkan waktu saat memasuki kapal.

Di Gangway dermaga III Pelabuhan Bakauheni sempat diwarnai anteran panjang penumpang pejalan kaki yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa, menunggu untuk menaiki kapal yang akan sandar.

Sementara itu, kantong-kantong parkir yang ada di Pelabuhan Bakauheni juga terjadi penumpukan kendaraan. Ratusan mobil, mini bus (mobil pribadi) dan bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) nampak berjejer memadati pelataran parkir dermaga II, III, IV, dan V,  menunggu kapal yang sandar.

Dari informasi BMKG, cuaca berawan, kecepatan angin dari Timur-Tenggara, yang melanda perairan Selat Sunda (jalur KMP),berkisar 0,5-15 knot dengan ketinggian gelombang setinggi 0,75 m – 1,5 m.

Pihak PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Bakauheni, memprediksi pada H+5 merupakan puncak arus balik lebaran dari Sumatera-Pulau Jawa, dan di perkirakan sejak pukul 01.00 WIB – 24.00 WIB, jumlah penumpang dan kendaraan akan terus meningkat.(Koesma)

Foto TMC Polda Metro