Saturday, 22 September 2018

Tempat Penampungan Sampah di Jalan Bekasi Timur Terus Jadi Masalah

Minggu, 3 Agustus 2014 — 7:47 WIB
sampahlagi

PULOGADUNG (Pos Kota) – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, tak kunjung tuntas masalahnya. TPS itu bahkan menggunakan badan jalan.

Tumpukan sampah di Jalan Raya Bekasi Timur, persis bersebarangan dengan SPBU Jatinegara Kaum, seperti tak kunjung ada solusi. Setiap saat, tumpukan sampah menggunung sehingga menyisakan keluhan pengguna jalan yang melintas.

Sampah itu banyak yang berasal dari pedagang Kaki-5 yang berada di sekitar FO Klender. Warga berharap Camat dan dinas terkait segera mencari solusi agar sampah tak lagi berserakan di jalan.

“Kalau mengangkat sampah bahkan harus menutup jalan. Pengguna jalan harus melintas di area Pom Bensin,” kata Ahmadi, warga.

Tidak hanya jalan, sepanjang taman jalur hijau juga tidak luput dari sampah. bahkan pagarnya terlihat hampir roboh karena tidak kuat menahan banyaknya sampah di tempat itu.

Pengendara yang setiap hari melewati jalan tersbut mau tidak mau harus merasakan bau yang sangat anyir. Tidak itu saja. Sampah yang sebagian besar adalah sisa sayur dan air bekas cuci ikan membuat jalanan licin dan sangat membahayakan pengendara. Padahal aktivitas perdagangan di bawah flyover tersebut cukup tinggi.

Lurah Jatinegara Kaum, Henrica Kuswandari mengatakan sampai saat ini pihaknya masih berusaha mencarikan TPS, tetapi belum berhasil. Pihaknya juga pernah minta ke PD Pasar Jaya Klender untuk dipakai tanahnya. Tapi tidak diizinkan.“Bahkan kontener juga tidak ada,” katanya.

Masalah utamanya sebenarnya karena pedagang liar yang perlu dibina di kawasan tersebut. Kalau tidak, maka sampah masih saja berserakan karena pedagangnya banyak. (chotim)