Thursday, 14 December 2017

Tiga Rumah Terbakar di Bogor

Kamis, 7 Agustus 2014 — 18:39 WIB
sisa-kebakaran-1

BOGOR (Pos Kota) – Si jago merah mengamuk di Bogor Kamis (7/8). Tiga rumah di kawasan pemukiman padat penduduk dilahap hingga tidak tersisa.

Kebakaran di Kampung Arab, RT 3/10, Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini baru dipadamkan, setelah empat mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba dilokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian dari hangusnya tiga rumah ini, cukup besar.
Habib Hamzah Al Idrus, 69, pemilik satu dari rumah terbakar mengaku, ia menderita kerugian puluhan juta rupiah.

“Seluruh barang berharga, perabotan rumah tangga dan butik miliknya hangus terbakar,”kata Habib Hamzah. Data yang didapat, api diduga bersumber dari arus pendek akibat konsleting listrik pada sakelar listrik di lantai 2.

Rumah Habib yang terbakar ini dihuni 5 orang. “Waktu kejadian, saya lagi dibawah jaga kios. Saya cium bau asap. Saat saya lihat, ternyata api sudah membesar. Saat saya naik, api sudah merambah kesemua gordyn,”kata anak Hamzah 30. Seluruh bahan bangunan di lantai 2 yang terbuat dari kayu, membuat api cepat membesar.

“Sebelum mobil Damkar tiba, kami dibantu warga memadamkan api dengan peralatan seadanya,” ungkapnya. Empat unit Damkar yang tiba dilokasi 20 menit dari waktu kebakaran, hanya bengong, karena api sudah padam.

“Petugas nyampe, api sudah padam. Ratusan warga beramai-ramai berusaha menghentikan api dengan air. Karean kalau tidak cepat-cepat dipadamkan api bisa merembet ke rumah warga lainnya,”paparnya.

Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Arif Gunawan menuturkan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait sumber api yang menghanguskan rumah dan kios milik warga Empang. “Anggota kita masih dilapangan dan masih mengumpulkan keterangan. Tapi dugaan sementara api bersumber dari korsleting listrik,”kata Kompol Arif. (yopi)