Wednesday, 26 September 2018

DPRD Kota Sukabumi Rampungkan Pembentukan Fraksi, Pimpinan dan Tatib

Minggu, 10 Agustus 2014 — 8:31 WIB
DPRD Kota Sukabumi

SUKABUMI (Pos Kota) – DPRD Kota Sukabumi masa bhakti 2014-2019 kini sedang fokus dan konsentrasi melaksanakan tiga tugas tahap pertama yakni membentuk Fraksi-Fraksi DPRD, menyusun Tatib (Tata Tertib) DPRD, dan memfasilitasi Pemilihan Pimpinan DPRD Definitif.
Kepala Bagian Rapat, Risalah, Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, mengatakan pemilihan pimpinan DPRD harus segera dilaksanakan karena kebijakan dan kewenangan pimpinan DPRD sementara memiliki beberapa keterbatasan. Pimpinan sementara tidak bisa menetapkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2015.

Termasuk, pembentukan Fraksi-Fraksi DPRD Kota Sukabumi. Keberadaan fraksi merupakan wadah dan perwakilan partai politik di DPRD. Dikatakannya, sesuai dengan ketentuan yang ada di DPRD Kota Sukabumi, setiap Fraksi Partai Politik di DPRD Kota Sukabumi sedikitnya harus berjumlah tiga orang. Dikatakan pula, apabila salah satu partai politik menempatkan kadernya di DPRD kurang dari tiga orang, partai politik tersebut bisa bergabung dengan fraksi lainnya, sesuai dengan keputusan partai politik tersebut.

“Untuk pemilihan pimpinan DPRD dilaksanakan atas persetujuan dari seluruh Anggota DPRD Kota Sukabumi. Adapun Pimpinan DPRD Definitif tersebut, jumlahnya berbeda dengan Pimpinan DPRD Sementara. Sebab jumlah Pimpinan DPRD Sementara hanya dua orang, yakni Ketua dan Wakil Ketua. Sedangkan Pimpinan DPRD Definitif, jumlahnya tiga orang, yakni satu orang Ketua dan dua orang Wakil Ketua.

Dijelaskan pula, ketiga orang Pimpinan DPRD Definitif tersebut, di Kota Sukabumi akan diusung oleh tiga partai politik yang memperoleh suara terbanyak antara lain, Partai Golkar, PDIP dan Partai Gerindra.

Seperti diketahui, Anggota DPRD Kota Sukabumi didominasi wajah anyar. Dari total 35 orang, 23 orang di antaranya merupakan new comer. Dari 35 anggota DPRD itu 5 orang di antaranya perempuan.
Ke-35 wakil rakyat tersebut kini sudah resmi duduk di kursi parlemen usai dilantik dan diambil sumpah oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sukabumi Wahyu Prasetio Wibowo dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Sukabumi di Gedung Anton Soedjarwo Komplek Setukpa Lemdikpol, Jalan Bhayangkara Kecamatan Gunung Puyuh, Selasa (5/8) lalu.

(sule/sir)

  • rengga irawan

    NOL !!!!