Tuesday, 17 September 2019

Di RAPBN Rp 9 Triliun

Budiman Sudjatmiko Nilai Dana Untuk Desa Jauh Dari Harapan

Jumat, 15 Agustus 2014 — 19:54 WIB
Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf  Amin, Budiman Sudjatmiko.(tri)

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Budiman Sudjatmiko.(tri)

JAKARTA (Pos Kota) – Usulan pemerintah dalam RAPBN 2015  menganggarkan Rp 9,1 triliun untuk Alokasi Anggaran Dana Desa menurut anggota DPR Budiman Sudjatmiko masih jauh dari harapan. Sebab menurut anggota Fraksi PDI-P ini, sesuai amanat UU Desa alokasi dana untuk desa 10% . Oleh karena itu jika RAPBN 2015 sebesar Rp 640 triliun, semestinya Dana Desa sebesar Rp 64 triliun.

” Meskipun Undang-undang Desa menyatakan bahwa pelaksanaan Dana Desa dapat dilakukan secara bertahap, namun dengan alokasi hanya sebesar Rp 9,1 triliun, atau hanya 1,4% dari Dana Transfer Daerah , itu berarti pemerintahan sekarang ini belum mampu menjawab semangat Undang-Undang Desa,”ujar Budiman.

Undang-undang Desa merupakan up-scaling dari program PNPM yang akan mampu menjawab tantangan dan persoalan di tingkat desa dan mendorong pertumbuhan langsung dari bawah. Namun alokasi Anggaran Dana Desa yang hanya Rp 9,1 triliun  maka  RAPBN 2015 nyaris tanpa terobosan untuk desa

Alokasi ini pula menurut Budiman kurang mencerminkan pidato Presiden SBY 18 Desember 2013, beberapa jam sebelum UU Desa disahkan yang menyebutkan bahwa UU Desa adalah tonggak sejarah baru.

” Hemat saya semestinya pemerintah mampu memaksimalkan anggaran Dana Desa sampai 5% dari Dana Transfer Daerah atau sekitar Rp 32 Triliun, sekaligus memberikan gambaran bahwa pemerintah telah melakukan terobosan baru yang akan diteruskan oleh pemerintahan mendatang,” ujarnya.

Untuk itu Budiman berharap pemerintahan kedepan  lebih baik dalam menjawab semangat dan amanah Undang-Undang Desa, demi kesejahteraan masyarakat desa. (B)

Budiman Sudjatmiko