Monday, 24 September 2018

Sepakbola Eropa

Kandidat Pemain Terbaik Eropa: Neuer, Ronaldo, dan Robben

Jumat, 15 Agustus 2014 — 6:21 WIB
b3

SWISS – Kiper Bayern Munich, Manuel Neuer, bersaing dengan rekan satu klub, Arjen Robben, dan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, sebagai kandidat pemain terbaik Eropa 2014/2015.

Situs resmi UEFA merilis, ketiga pemain itu  terpilihsetelah mendapat suara terbanyak dari jurnalis yang berasal dari 54 federasi sepakbola yang berada di bawah naungan UEFA. Pengumuman akan dilakukan pada 28 Agustus bersamaan dengan pengundian fase grup Liga Champions 2014/2015. Pemilihan akan dilakukan para jurnalis yang  memilih secara langsung dalam acara tersebut.

Neuer adalah kiper utama Bayern Munich dan timnas Jerman. Selama Piala Dunia 2014 ia membuat empat clean sheet dalam tujuh pertandingan. Ia meraih trofi juara dunia bersama negaranya, lalu ebrsama Beyrn menyabet gelar juara Bundesliga dan DBF Pokal. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik Jerman musim kompetisi 2013/2014.

Rekan satu timnya, Robben, mencetak 21 gol dan meraih gelar juara Bundesliga dan juara DBF Pokal. Winger timnas Belanda ini pada Piala Dunia 2014 mencetak tiga gol dan timnya mencapai perempat final.

Sedangkan Ronaldo bersama Real Madrid meraih trofi Liga Champions dan trofi Piala Super Eropa. Hanya saja, bersama timnas Portugal, ia hanya sampai babak penyisihan grup.

Sebulan lalu, EUFA merilis 10 nominator pemain terbaik. Tujuh pemain lain yang masuk dalam nominasi itu memiliki suara di bawah ketiga kandidat tersebut. Berikut urutannya:

4. Thomas Muller – 39 poin

5. Philipp Lahm – 24 poin

6. Lionel Messi  – 24 poin

7. James Roderiguez – 16 poin

8.  Luis Suarez – 13 poin

8. Angel Di Maria – 12 poin

10. Diego Costa – 8 poin.

Pemilihan ini merupakan tahun keempat UEFA Best Player in i Europe Award. Kegiatan ni digagas Michael Platini bekerja sama dengan European Sports Media Gorup. (yp)