Wednesday, 13 December 2017

Rusun Marunda Proyek Percontohan Pertanian Kota

Jumat, 15 Agustus 2014 — 20:32 WIB
marundakebon

CILINCING (Pos Kota) – Ratusan warga Rusun Marunda mengikuti program pertanian perkotaan yang diselenggarakan perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo). Mereka selain dibantu modal bibit dan media tanaman, juga dibina cara bercocok tanam dengan media pot.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga. Daripada menganggur, lebih baik melakukan kegiatan bertani. Selain bisa meningkatkan ekonomi warga, sekaligus meningkatkan program penghijauan di lingkungan rusun ini,” kata Ketua RW 10 Kelurahan Marunda, pada acara peluncuran program pertanian perkotaan di Rusun Marunda, Cilincing, Jumat (15/8) .

Warga menggunakan lahan kosong di area rusun tersebut untuk menanam aneka sayuran seperti sawi, bayam, cabe, wortel, dan lainnya.

Komunitas Tani Marunda Hijau yang memiliki ratusan anggota, sebagian besar warga rusun, menjadi pilot proyek program pertanian perkotaan yang dilaksanakan PT Ewindo.

“Proyek percontohan yang dimulai dari Rusun Marunda terus dikembangkan di sejumlah perkotaan di Indonesia,” ujar Managing Director PT Ewindo, Glenn Pardede pada acara penandatanganan MoU dengan Komunitas Tani Marunda Hijau. Acara¬† dihadiri sejumlah petugas Kecamatan Cilincing dan Kelurahan Marunda.

Pada kesempatan ini juga dibentuk Komunitas Panah Merah (KPM) yang bertujuan memberikan wadah bagi masyarakat untuk saling berbagi informasi di bidang hortikultura. “Anggota KPM akan menjadi duta Panah Merah dengan program yang disebut Ambassador Panah Merah (APM) yang juga akan mendapatkan bimbingan pertanian dari Ewindo untuk mendapatkan hasil maksimal,” papar Glenn.

Pada kesempatan ini Ewindo didukung PT Pos Indonesia, Bank Bukopin, dan Card Connection, meluncurkan benih unggul dalam kemasan personal pouch. “Benih dalam kemasan kantong kecil dijual dengan bersahabat Rp 5.900 sehingga memudahkan rakyat miskin kota, untuk bekerja sambilan sebagai petani sayur,” papar Glenn didampingi Rianti dari Bank Bukopin.

Pada kesempatan ini, puluhan anggota Komunitas Tani Marunda Hijau diajari cara menanam sayuran di dalam media pot. Mereka menggunakan lahan kosong milik pengelola rusun sekitar 500 M2 dari luas lahan total 3,5 hektar. Pada tahap ini Ewindo menyiapkan bantuan sedikitnya 20 jenis benih unggul sayuran dan bunga yang relatif mudah dibudidayakan di perkotaan. (Joko)

Teks: Acara penandatangan MoU program pertanian perkotaan di Rusun Marunda, Cilincing, Jakut. (Joko)