Thursday, 20 September 2018

Yang Lumpuh Anak Yang Ditelateni Ibunya

Rabu, 20 Agustus 2014 — 6:39 WIB
nahinidia

DI era gombalisasi ini, dukun jika tidak cabul kok kurang afdol, ya? Maka seperti dukun Rojak, 57, dari Bengkulu ini misalnya, ketika melihat ibu salah satu pasiennya tampak seksi menggiurkan, langsung saja dicabuli. Ironisnya, Ny. Hasniah, 30, baru sadar setelah semuanya terjadi. Jadilah dia mengadu ke Polres Bengkulu Selatan.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada dikenal yang namanya kata majemuk, misalnya: gegap gempita, ramah tamah, muda belia, kering kerontang, dst. Namun di era gombalisasi seperti dewasa ini, kosa kata untuk kata majemuk sudah bertambah. Salah satunya ya itu tadi: dukun cabul. Hal itu terjadi karena sekarang ini begitu banyak dukun yang tindakannya tidak terpuji. Tugasnya mengobati pasien, tapi jadi selewengan ke mana-mana sampai mencabuli dan menyetubuhi segala.

Salah satu dukun paling cabul di Bengkulu adalah Rojak, warga Bengkulu Selatan. Awalnya dia sih dukun yang baik-baik saja. Hormat pada pasien, taat bayar pajak, kurang apa lagi? Dia menjalani profesi itu sejak 10 tahun lalu dan lumayan banyak pasien yang datang. Segala problem apa saja, bawa kesini, asal bukan problem keuangan. Kata para bekas pasien, terapi pengobatan Rojak lumayan manjur juga.

Adalah Ny. Hasniah, warga  Kecamatan Seginim. Anak lelakinya yang masih usia balita, tiba-tiba menderita sakit lumpuh. Segala jenis pengobatan sudah dicoba, tapi tak membawa hasil. Sedih sekali hati Hasniah, karena membayangkan masa depan sibocah. Kalau lumpuhnya tak tersembuhkan, mau jadi apa kelak? Paling-paling tukang pijit, itu pun ke sana kemari harus pakai kursi roda.

Kemudian ada tetangga yang menyarnkan agar si Buyung dibawa ke rojak seorang paranormal. Cuma anehnya, ketika sudah tiba di rumah dukun, yang sakit anaknya, tapi yang ditelateni justru ibunya. Katanya, anak itu lumpuh karena terdampak jiwa ibunya yang tidak bersih. Lalu bagaimana cara membersihknya? “Ah itu gampang, bersama dukun Rojak semuanya bisa!” kata si dukun.

Hasniah yang lumayan seksi itu diminta melepas segala pakaiannya, lalu diganti dengan berselimut kain kafan. Demi kesembuhan anak, rela saja dia melakukannya. Tapi entah kenapa, saat perempuan itu posisi sujud, tahu-tahu dukun Rojak mencabulinya dari belakang.

Ironisnya, Hasniah sadar apa yang telah terjadi baru setelah tiba di rumah. Dia pun balik ke dukun dan klarifikasi kepada Rojak. Ternyata dukun itu membenarkannya. Tapi katanya, semua itu bagian dari prosesi pengobatannya. Jika si Buyung ada perubahan, mungkin Hasniah bisa memaklumi. Tapi karena sampai sekarang anaknya juga tetap lumpuh, terpaksa dia mengadu ke Polres Bengkulu Selatan. Kini Rojak sudah ditahan dan ancaman hukumannya adalah: 15 tahun penjara.

Asyiknya cuma sebentar, menderitanya sampai tiga pelita. (JPNN/Gunarso TS)

  • samber nyowo

    hmmmm….sakti juga si rojak nih….Hasniah baru sadar ketika sudah pulang dan tiba dirumah…lah lendirnya si rojaknya sempat “meler” apa enggak Has..masa’ gak terasa samasekali sih…apa melernya dikain kafan yg kamu kenakan….???