Tuesday, 25 September 2018

Kunjungan Wisatawan Tiongkok Meningkat

Sabtu, 23 Agustus 2014 — 14:09 WIB
Foto- Kawasan Monas

Foto- Kawasan Monas

JAKARTA (Pos Kota) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta baru saja usai menggelar Jakarta Roadshow di Xiamen, Tiongkok pada 20-21 Agustus. Kegiatan yang memamerkan kekayaan seni budaya Betawi  ini bertujuan menarik wisatawan dari negeri Tirai Bambu untuk mengunjungi ibukota negara kita

“Kota-kota besar di Tiongkok adalah pasar potensial bagi industri  pariwisata di Jakarta,” ujar Kepala Disparbud Arie Budhiman di Jakarta, Sabtu, (23/8). Ia bersama rombongan baru saja pulang dari Tiongkok. Di sana, delegasi kebudayaan ini menginformasikan meski dalam suasana Pilpres 2014, namun situasi Indonesia, khususnya Jakarta  sangat kondusif. ” Sangat aman bagi wisatawan lokal maupun asing,” tambahnya.

Jakarta Roadshow, juga menjadi ajang pertemuan komunitas
Industri pariwisata Jakarta dan Tiongkok. Mereka bisa saling berbagi informasi. “Kami sengaja memilih Tiongkok karena masyarakatnya banyak yang berkunjung ke Jakarta sebagai turis,” papar Arie menambahkan dalam lima tahun terakhir (2008-2012), kunjungan wisman Tiongkok ke Jakarta jumlahnya terus meningkat.

“Tahun 2013 lalu, kunjungan wisman ke Jakarta secara total sebesar 8,8 juta dan  di antaranya merupakan wisman asal Tiongkok,” ungkapnya. Dengan potensi yang dimiliki Jakarta, serta dukungan infrastruktur transportasi yang tersedia, Arie optimis jumlah kunjungan wisman Tiongkok ke Jakarta akan semakin besar.

Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia menambahkan, pihaknya optimistis upaya mendatangkan lebih banyak kunjungan turis dari Tiongkok ke Jakarta akan berhasil.

“Saat ini, frekuensi penerbangan langsung setiap minggunya dari Beijing, Guangzhou, Hong Kong, Sanghai dan Xiamen ke Indonesia mencapai dari 90 penerbangan mengangkut hampir 15.000 orang. Dari jumlah itu, lebih dari 50 persennya ke Jakarta dengan jumlah penumpang rata-rata 8.300 orang.

“Rata-rata pertumbuhan wisatawan ke Jakarta sekitar 7-10 persen per tahun. Jakarta Roadshow 2014 juga bertujuan mempromosikan Jakarta sebagai destinasi wisata yang tidak kalah dibandingkan kota besar lainnya di dunia,”  tandas Cucu. (joko/yo)

Foto: Istimewa