Sunday, 18 November 2018

Cari Modal Untuk Bisnis Baju, Nekat Edarkan Sabu

Kamis, 28 Agustus 2014 — 20:26 WIB
bnnshabu

JAKARTA (Pos Kota) – Niat mencari modal untuk memulai bisnis jualan baju, seorang pria malah ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). Pasalnya, demi memulai usahanya, ia jual shabu.Irwan Saputra, 30, dan Praja, 26,  bahkan harus mendekam di penjara.

Kepala Humas BNN Sumirat Dwiyatno mengatakan, dua tersangka dibekuk berawal dari laporan masyarakat. “Keduanya kami tangkap saat bertransaksi di depan pintu gerbang Perum Legenda Wisata, Cibubur, dengan barang bukti shabu seberat 155,5 gram,” katanya, Kamis (28/8).

Irwan   diminta untuk menunjukan rumahnya di kawasan Perum Bukti Putra, Cileungsi, Bogor, dan menemukan shabu seberat 66,4 gram. Petugas juga menyisir kediaman Praja di apartemen Kalibata City, Jaksel, dan menemukan 0,6 gram sabu. “Jadi total barang bukti yang kami sita 222,5 gram sabu,” ujarnya.

MODAL USAHA

Kepada wartawan, Praja mengaku terjun bisnis shabu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pengangguran ini juga berniat  membuat usaha dari keuntungan yang didapat. “Saya dijanjikan terima uang Rp1,5 juta. Makanya saya mau karena berencana mau bikin usaha jualan baju,” katanya.

Irwan mengaku menjalani bisnis haram itu lantaran terdesak kebutuhan ekonomi. Terlebih, upah yang dijanjikan sebesar Rp3 juta dalam setiap transaksi membuatnya gelap mata. “Saya terpaksa, ini saya lagi butuh uang,” kata pria yang bekerja sebagai marketing di sebuah pabrik garmen.

Atas perbuatannya, kedua pelaku akan dikenai pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman maksimal pidana mati atau penjara seumur hidup. (Ifand)

 

Teks : Kepala Humas BNN Sumirat Dwiyatno tunjukkan barang bukti sabu