Thursday, 22 November 2018

Meski Sudah Minta Maaf, Florence Sihombing Tetap Dipolisikan

Jumat, 29 Agustus 2014 — 18:02 WIB
Florence-Path

YOGYAKARTA – Florence Sihombing sudah meminta maaf atas kata-katanya yang diunggah di akun path-nya, yang menuai kecaman di media online. Namun mahasiswi S2 Universitas Gajah Mada, yang menghina warga dan kota Yogyakarta itu tetap dipolisikan.

Path Florence-330

Florence Sihombing, seorang mahasiswa pendatang,  menggegerkan kota Yogya dan dunia maya, karena memaki-maki warga kota Jogja, setelah diteriaki warga di SPBU karena menolak antri BBM. Lewat jejaring sosial Path, dia melecehkan kota Jogya:  “Jogja miskin, tolol, dan tak berbudaya. Teman-teman Jakarta-Bandung jangan mau tinggal Jogja,” tulis Florence di Path. Folrence juga mengeluh kepada pemimpin yang dihormati warga kota DIY. 

Path Florence-475

Tak pelak, postingnya mendapat kecaman dan dibalas dengan bullying di internet. Akun twitter dan facebooknya juga diserang. LSM Jatisura (Jangan Khianati Suara Rakyat),  kemudian mempolisikan Florence dengan melaporkannya ke Polda DIY .

“Kalau permintaan maaf, ini masih bersifat sosial, hukum tetap berjalan. Permintaan maaf tidak menghalangi proses hukum. Permintaan maaf itu pada masyarakat, tapi ucapan di path ini perbuatan tindak pidana,” kata penasihat hukum LSM Jatisura Eri Supriyanto, Jumat (29/8).

Walau sejumlah pihak sudah menyarankan agar LSM (Jatisura) mencabut laporan, namun Eri menilai, tindakan ke polisi adalah pembelajaran untuk Florence. Laporan dilakukan ke Polda DIY.

“Ya, dengan adanya ini, mencoba mengingatkan masyarakat agar berhati-hati. Kita akan tetap lanjut proses hukum, dan kita akan memantau proses hukum ini,” jelas Eri yang juga alumni hukum UII ini.

Sedang permintaan maaf Florence disambut baik LSM Jatisura. Pihaknya menerima maaf itu. Meki demikian, hukum tetap bergulir.

“Fungsi penegakan UU itu ‘kan untuk ketertiban dan pembelajaran. Proses hukum berjalan agar jangan sampai menimbulkan gejolak di masyarakat. Jangan sampai dari kasus ini membias ke isu yang lain hingga memunculkan isu SARA atau anarki,” tegasnya. “Kita tunggu penyidik Polda DIY,” tutupnya. – dms

  • suwiryo

    dasar wong yogja, kaya begitu diperkarakan, pantesan banyak aksi kekerasan di sana.

    • Bulusan Yogya

      matamu, HAL SEPERTI INI BUAT MENGINGATKAN KITA SEMUA UTK LEBIH BERHATI HATI, jgn cuma koar2 TEGAKKAN HUKUM, begitu ada kau mbacot begini, mmg kau org mana? prinsip sy, “dmn sy tinggal dilingkungan yg santun, sy berusaha menjadi yg paling santun, dmn sy tinggal dilingkungan yg brengsek sy akan lebih brengsek jg dsitu”

    • Pakdhe Atong

      Goblok kowe dab

    • Putra Mataram

      Berarti anda bukan orang Yogya, coba daerah anda dihina seperti itu apa reaksi anda? goblok..!

    • suwiryo dodol

      eh suwiryo, pake otak kau kl ngoceh.