Monday, 25 June 2018

Mau Dikirim ke Pasar Pramuka

Ratusan Ekor Kera Lampung Diamankan di Merak

Sabtu, 30 Agustus 2014 — 10:33 WIB
kera-sub

MERAK (Pos Kota) – Sedikitnya 300 ekor kera asal Lampung diamankan petugas gabungan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Balai Karantina Pertanian Kelas II Merak, Sabtu (30/8) dini hari. Kera yang diangkut menggunakan kendaraan truk BG 8918 UE disergap saat keluar dari lambung kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Untuk proses penyidikan, ratusan ekor itupun kini diamankan di Kantor Balai Karantina Pertanian Merak.

“Sejauh ini, ratusan ekor kera itu tidak dilengkapi dokumen pengiriman dari instansi terkait daerah asal,” ungkap Kepala Pos BKSDA Jawa Barat, Uday Hudaya menghubungi poskotanews.com.

Menurut Uday, terbongkarnya pengiriman ratusan ekor kera itu hasil dari informasi warga masyarakat. Mendapat informasi itu, petugas gabungan segera bergerak ke Pelabuhan Merak. Setelah mendapat identitas kapal yang ditumpangi pembawa kera, petugas segera menghadang di pintu keluar kapal.

“Truk kita hentikan begitu keluar dari lambung kapal. Setelah ditemukan kera, truk berikut supir langsung diamankan,” terang Uday.

Dikatakan Uday, menelisik dari cara pengiriman, pemilik ataupun supir diduga sengaja mengirimkan ratusan ekor kera itu melalui jalur tidak resmi. Ratusan ekor kera itu dikurung dengan kotak plastik putih yang biasa digunakan menyimpan buah-buahan. Box plastik isi kera itu kemudian ditutupi buah pisang. “Kemungkinan, itu untuk mengelabui petugas selama diperjalanan,” tutur Uday Hudaya.

Berdasar pengakuan sopir truk bernama Maryadi, 28, lanjut Uday, kera-kera itu milik orang bernama Sutomo yang ditemui di Malangga, Lampung. Selanjutnya, Maryadi ditugaskan untuk mengirim ke Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

“Saat ini petugas sedang menunggu pemilik untuk menunjukan bukti dokumen dari instansi terkait di Lampung. Jika memang tidak ada dokumen, ratusan kera itu akan disita dan selanjut dilepas ke habitatnya,” tegas Uday.

(haryono/sir)