Wednesday, 19 September 2018

Dua Pantai di Sukabumi Bakal Jadi Obyek Wisata Baru

Senin, 1 September 2014 — 8:55 WIB
Pantai Anyer

Pantai Anyer

SUKABUMI (Pos Kota) – Dua pantai berpotensi dijadikan obyek wisata baru di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, kedua pantai yang berlokasi di Desa Cibangban, Kecamatan Cisolok tersebut lingkungannya masih  alami, memiliki pasir pantai  putih dengan kondisi ombak landai. Kedua kawasan pantai itu yakni Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Jangkung.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni mengakui menemukan kedua lokasi pantai itu pada awal  Agustus lalu. Pihaknya menyebut kedua pantai itu sebagai Hiden Paradise atau surga yang tersembunyi.

Dicontohkan Jujun, Pantai Legon Pari memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan obyek wisata pantai lainnya baik di Pelabuhan Ratu maupun perairan Ujung Genteng. Pantai Legon ditunjang dengan kondisi alam di sekitar pantai berupa tanah perbukitan yang dilengkapi sebuah  goa hasil proses alam. Uniknya goa tersebut memiliki bentuk lobang dengan kedalaman lebih dari seratus meter ini menyerupai ular. Goa itu  dinamai Goa Naga.

“Kami tengah mengkaji kedua lokasi tersebut. Terutama penataan akses jalan karena menuju lokasi itu  rusak parah,” terangnya.

Untuk membuka akses jalan menuju kedua lokasi, lanjut Jujun,  dibutuhkan biaya hingga mencapai Rp 5 miliar. Jujun optimis, Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Jangkung akan mampu menjadi obyek wisata pantai unggulan.

“Ditargetkan pada  2015 kedua  pantai itu sudah bisa menjadi obyek wisata,” tuturnya. (sule)

Foto ilustrasi