Thursday, 20 September 2018

Mari Elka: Kunjungan Wisatawan Terus Meningkat

Selasa, 2 September 2014 — 10:57 WIB
marie

JAKARTA (Pos Kota) – Pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia kembali menunjukkan angka pertumbuhan yang signifikan pada bulan Juli 2014. Pertumbuhan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) yang sudah mencapai 5,32 juta periode Januari-Juli 2014 atau meningkat 9,37% dibandingkan periode yang sama pada 2013.

Hal ini menunjukan potensi sektor pariwisata bersama ekonomi kreatif sebagai sebagai sektor ekonomi strategis dalam pentas perekonomian nasional ke depan. Kontribusi sektor ini terhadap perekonomian terus meningkat seiring dengan laju pertumbuhan sektor ini yang rata-rata di atas pertumbuhan pendapat domestik bruto (PDB).

“Kunjungan wisman menunjukkan trend pertumbuhan yang meningkat tajam seperti terlihat  pada jumlah kunjungan kumulatif dalam tujuh  bulan terakhir  Januari-Juli 2014,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, kemarin.

Dengan perkembangan ini, lanjut dia, pencapaian target kunjungan wisman 9,3 juta hingga 9,5 juta akan terlampaui.  Begitu pula dalam perolehan devisa pariwisata, tahun ini diperkirakan mencapai US$ 11 miliar atau mengalami pertumbuhan 10,7%,. (tiyo)

Foto: Istimewa