Tuesday, 25 September 2018

Perindustrian Dukung Jawa Timur Kembangkan IKM

Selasa, 2 September 2014 — 16:13 WIB
IKM-Jaktim

JAKARTA (Pos Kota) – Dinilai miliki potensi daya saing yang kuat dan didukung produk-produk industri unggulan, Kementerian Perindustrian dukung Provinsi Jawa Timur dalam mengembangkan usaha industri kecil dan menengah (IKM).

Untuk itu Kemenperin mengundang sekitar 45 perajin yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Jawa Timur untuk memamerkan hasil produksi di Jakarta.

“Majunya perkembangan IKM di Jawa Timur,  tak lepas dari kualitas sumber daya manusia yang terus berkembang sebagai modal pengembangan ekonomi masyarakat di provinsi tersebut,” kata  Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Euis Saedah saat membuka Gelar Produk Unggulan Jawa Timur di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa.

Euis menuturkan, pameran ini  merupakan apresiasi yang diberikan Kemenperin bagi pemerintah provinsi Jawa Timur. “Apresiasi ini diberikan karena terus mendorong tumbuh dan berkembang IKM menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan, sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Menurutnya, perkembangan dan pertumbuhan IKM dewasa ini tidak terlepas dari adanya komitmen dan kebijakan serta program yang dijalankan oleh pemerintah yang berkelanjutan hingga saat ini.

“Semua itu dilaksanakan dengan satu tekad dan semangat agar pertumbuhan IKM di Indonesia dapat terus berkembang secara sehat dan kuat sehingga dapat menjadi bagian integral dari seluruh kegiatan industri, dan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat perekonomian domestik,” ujar Euis.

Pameran yang diselenggarakan 2-5 September 2014 ini dibuka untuk umum pukul 09.00-17.00 WIB, dan diikuti sebanyak 45 perajin yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dengan menampilkan produk-produk unggulan terbaik. Beberapa di antaranya adalah batik tulis, bordir, kerajinan perak, perhiasan, kaligrafi, produk kulit, makanan, dan lain-lain. (Tri/d)