Wednesday, 14 November 2018

Jero Wacik Resmi Mundur Sebagai Menteri ESDM

Jumat, 5 September 2014 — 23:48 WIB
ilusjero

JAKARTA (Pos Kota) – Jero Wacik mengundurkan diri jabatan Menteri ESDM menyusul penetapan dirinya sebagai tersangka. Jumat (5/9) dia tidak menghadiri Sidang Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Jakarta.

Surat pengunduran diri dikirimkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi hari sebelum rapat kabinet.
Jero Wacik ditetapkan KPK sebagai tersangka pemerasan Rp9,9 miliar terhadap sejumlah perusahaan rekanan. Dana itu menurut KPK dipakai untuk pencitraan.

Juru Bicara Presiden Julian A Pasha mengatakan surat pengunduran diri Jero Wacik langsung diterima Presiden. “Tadi pagi sudah disampaikan surat pengunduran Pak Jero Wacik,” ungkap Julian, di Jakarta, Jumat (5/9) sore.

Jero Wacik merupakan menteri ketiga pemerintahan SBY yang mengajukan pengunduran diri karena tersangkut kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK. Sebelumnya, mantan Menpora Andi Mallarangeng terkena kasus korupsi proyek pembangunan sarana dan prasana olahraga Hambalang.  Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali yang terkena kasus dugaan korupsi dana haji, dan ketiga Jero Wacik.

Belum diketahui siapa yang akan ditunjuk SBY untuk mengisi kekosongan kursi Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), mengingat masa tugas Kabinet Indonesia Bersatu II tinggal satu bulan satu minggu.

MENGAPRESIASI

Koordinator Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Ucok Sky Khadafi, di Jakarta, Jumat (5/9) mengapresiasi budaya mundur dari jabatan publik yang dikembangkan pemerintah SBY.

“Sebab itu, budaya mundur seperti ini harus dipertahankan pada pemerintahan mendatang bagi pejabat negara yang tersangkut korupsi, dan budaya ini harus diikuti kepala daerah,” papar Khadafi.

Ia berharap pemerintah mendatang lebih maju lagi, pejabat negara yang sudah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga harus mengajukan pengunduran diri sebelum menjadi tersangka.

“Jadi pengunduran diri itu jangan dilakukan setelah ditetapkan sebagai tersangka. Di luar negeri itu dikembangkan budaya malu meskipun baru sebatas diisukan korupsi para pejabatnya sudah mengundurkan diri,” tutur Khadafi. (johara)

 

Jero Wacik

  • Wagiono Gion

    ko ga dari dulu mundur…ga mudur 1 bln lagi juga lengser.korupsi maning2bangkrut negarane…sing go tombok rakyat diperes lewat pajak.