Wednesday, 26 September 2018

Bulutangkis Bidik Dua Emas di Asian Games

Sabtu, 6 September 2014 — 7:32 WIB
ilusbulu

JAKARTA (Pos Kota) – Meski tak mampu berbicara banyak di ajang kejuaraan dunia, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), membidik dua medali emas di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, dari nomor ganda putra dan campuran.

Saat ini ganda putra dan ganda campuran Indonesia masih menempati peringkat lima besar dunia. Di ganda putra, Indonesia masih mengandalkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Sedangkan di campuran, Indonesia mempercayakan kepada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Deby Susanto.

“Peluang bagus saya  kira masih di nomor ganda campuran dan putra. Saya juga melihat, ganda campuran juga memiliki pelapis bagus dengan Praven/Debby. Mereka bisa menembus pasangan elit dunia. Tiga ganda itu masih bisa diandalkan Indonesia untuk meraih emas di Asian Games,” kata Christian Hadinata, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

Christian menambahkan tekanan berat justru berada di pihak China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Shin Baek-ceol. Kedua pasangan tersebut adalah juara dunia 2014.

EVALUASI

Sebelumnya, PP PBSI melangsungkan rapat guna mengevaluasi performa atlet di kejuaraan dunia yang dipimpin oleh Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan di Pelatnas Cipayung.

Pada rapat evaluasi ini, kami berdiskusi mengenai hasil yang dicapai para atlet di kejuaraan dunia. Dari hasil ini akan diambil langkah-langkah untuk memperbaiki kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat meningkatkan penampilan dan meraih hasil yang lebih baik di kejuaraan selanjutnya yaitu Asian Games 2014,” ujar Gita.

Kabid Binpres PP PBSI, Ricky Soebagdja menjelaskan absennya Tontowi /Liliyana dan Hendra / Ahsan membuat Indonesia tak menargetkan dua medali emas, seperti yang ditetapkan di awal. Rexy juga mengatakan hasil evaluasi ini akan menjadi bahan pembelajaran bagi atlet yang akan segera berangkat ke Incheon, Korea. (junius)