Tuesday, 20 November 2018

Pariwisata Butuh Akselerasi Cepat

BPPD NTB Dukung Iqbal Alan Abdullah Jadi Calon Menteri

Minggu, 7 September 2014 — 12:49 WIB
pantai-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan, pariwisata membutuhkan akselerasi cepat dan inovasi terbaik untuk mampu mengejar ketertinggalan Indonesia dengan negara lain.

“Kita butuh akselerasi cepat dan inovasi untuk mendapatkan hasil signifikan pada pemerintahan baru mendatang, itu sebabnya kita butuh figure seperti Pak Iqbal Alan Abdullah di pos pariwisata,” kata Ketua BPPD NTB Taufan Rahmadi di sela-sela kunjungan BPPD NTB ke sejumlah tokoh pariwisata, BUMN dan pejabat pengambil kebijakan di Jakarta, Minggu (7/9).

Sebelumnya pihak industri pariwisata secara resmi mengusulkan tiga nama calon ke Presiden terpilih Jokowi. Salah satu dari tiga nama itu adalah Iqbal Alan Abdullah, ketua umum DPP Indonesia Congress and Convention Association (Incca).

Menurut Taufan, selain profesional dan pernah merasakan jatuh bangunnya pariwisata Indonesia, Iqbal dinilai punya integritas, mengerti persoalan di lapangan karena dia adalah orang lapangan; memiliki ekonomi yang kuat, selalu berpikir “out the box”, serta keberpihakan kepada pariwisata.

“Saya sepakat menteri pariwisata itu harus berlatar enterpreuneuer dan terbiasa di lapangan. Dia memahami waktu, benefit, open minded, mampu menjual, mampu melakukan lobi, punya integritas, dan punya visi yang besar,” kata Taufan, yang adalah ketua BPPD paling muda se-Indonesia.

Selain itu figure itu mampu untuk melakukan inovasi dan sinkronisasi kebijakan pariwisata dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, termasuk menghilangkan egosektoral.

Kepada Jokowi, BPPD NTB berharap presiden terpilih nantinya jangan hanya memperhatikan Jakarta, Bali, Batam, tapi juga daerah-daerah lain yang memiliki kelebihan-kelebihan seperti NTB, Raja Ampat, Komodo di bagian Timur, atau destinasi di bagian Barat.

(lina/sir)

Foto-ilustrasi