Saturday, 17 November 2018

576 Ribu Pelajar di Jakarta Terima Dana KJP

Senin, 8 September 2014 — 17:46 WIB
Sejumlah pelajar menunjukkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Sejumlah pelajar menunjukkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

GAMBIR (Pos Kota) – Ratusan ribu siswa bergembira menyambut pengucuran dana Kartu Jakarta Pintar (KJP). “Asyik… Setelah sembilan bulan menunggu, akhirnya KJP cair juga,” ujar Riana, salah satu siswa SMP Merdeka Sari kawasan Kapuk, Cengkareng, Senin (8/9).

Siswa menerima dana KJP dalam jumlah lumayan besar. Karena tiap siswa dapat kucuran dana bantuan kebutuhan sekolah ini sekaligus selama enam bulan. Dana itu sudah bisa dicairkan sejak akhir pekan lalu melalui ATM Bank DKI.

Pembina Yayasan Pendidikan Folmer Sihombing membenarkan ratusan anak didik di yayasannya sudah dapat mencairkan dana KJP melalui Bank DKI. “Dari sekitar 500 siswa SD dan SMP di sini, sekitar 220 anak mendapat KJP,” papar Folmer.¬† Untuk siswa SMA dan sederajat mendapat dana bantuan dari Pemprov DKI sebesar Rp 240 ribu/bulan. Adapun siswa SMP mendapat Rp 210 ribu dan SD sebesar Rp 180 ribu.

Gubernur DKI Jokowi sempat berpesan singkat kepada¬† siswa penerima KJP. “Uangnya harus dipergunakan untuk keperluan sekolah. Jangan buat beli motor,” kata Jokowi menambahkan pencairan ini dirapel sebanyak enam bulan dari Januari sampai Juni. Sedangkan Juli sampai Desember tidak ada KJP.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lasro Marbun menambahkan dana KJP 2014 sudah digelontorkan ke seluruh sekolah Jumat pekan lalu. “Jumlah siswa yang menerima KJP sekitar 576 ribu anak. Adapun uang KJP yang digelontorkan sekitar Rp 700 miliar,” papar Lasro. (Joko)

Foto Ilustrasi