Monday, 19 November 2018

Sekaligus Kegiatan FGD

BNN Tes Urine Siswa SMKN 2 Sawangan

Senin, 8 September 2014 — 11:53 WIB
urine-sub

DEPOK (Pos Kota) – Mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, melakukan tes urine terhadap pelajar SMK Negeri 2, Sawangan, Kota Depok, Senin (8/9) pagi. Sekaligus melakukan kegiatan Focus Group Discution (FGD) sebagai pencegahan narkoba dengan melakukan pemberdayaan OSIS antisipasi penyalahgunaan Narkotika.

Kegiatan test urine serta pemahaman tentang P4GN dengan perkenalannya FGD di sekolah SMKN 2 dibuka oleh Kepala BNNK Depok, AKBP Rudy Hartono, serta Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi Dayamas), Kompol Dr. Rubiyanto, yang dilaksanakan di ruang serba guna sekolah.

Kepala BNNK Depok, Rudy Hartono, mengatakan sebagai mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Narkotika serta wacana Dekriminalisasi dan Depenalisasi dalam lingkungan pendidikan di Kota Depok. Salah satu kegiatan perkenalan tersebut oleh Kasi Dayamas dengan melakukan FGD pemberdayaan OSIS dalam rangka penciptaan lingkungan sekolah anti penyalahgunaan narkotika.

“Cukup memperihatinkan angka penyebaran penyalahgunaan narkotika di tahun 2012, enam dari 100 pelajar atau mahasiswa di Kota Depok pernah menyalahgunakan Narkotika. Dari data yang ada sebagian pelajar masih kembali menyalahgunakan narkotika jenis Ganja,”ujar Rudy.

Sementara itu, Kasi Dayamas selaku pemberi pemaparan terhadap siswa, selain FGD dalam mencegah peredaran narkoba tapi juga dapat dilakukan tes urine terhadap pelajar antisipasi dalam penggunaan narkoba. “Dengan dilakukan test urine tidak ada kemungkinan bahwa ada juga pelajar yang positif menggunakan narkoba. Jika ada kita akan segera melakukan rehabilitasi untuk kesembuhan dan tidak akan diproses secara hukum,”tuturnya.

Setidaknya sebanyak 20 OSIS perwakilan masing-masing kelas,1, 2, dan 3, oleh dokter BNN dilakukan tes urine. Dari wajah pelajar tampak sangat senang dan antusias dalam membantu dokter BNN dalam melakukan pemeriksaan sempel urine pelajar untuk membuktikan positif sebagai pengguna atau tidak.

“Kami berharap dalam kalangan pelajar di tiap sekolah dapat diwakilkan dengan galak kegiatan OSIS aktif menyerukan perang terhadap narkoba kalangan sekolah. Sehingga peran OSIS kedepan dapat sebagai penanggulangan penyalahgunaan Narkotika di Sekolah,”demikian lulusan Unpad dalam meraih gelar doktor.

(angga/sir)

Teks Gbr- Siswa siswi SMKN 2 yang dites urine antusias saat sedang diperiksa oleh dokter dari BNNK Depok. (angga)

  • Mangap

    Coba pak test: Aparat polisi dan Tentara. Juga pegawai hiburan malam. akan lebih bagus.