Monday, 24 September 2018

Kemendagri Tolak Tambah Kursi Pimpinan DPRD DKI

Senin, 8 September 2014 — 15:45 WIB
lantikdprd

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Dalam Negeri menolak keinginan DPRD DKI Jakarta untuk penambahan kursi pimpinan DPRD dari lima menjadi enam. Penolakan ini terungkap dari hasil konsultasi dewan dengan Kemendagri Jumat (5/9).

Alasan Kemendagri menolakĀ  usulan penambahan tersebut karena 106 anggota DPRD DKI Jakarta dengan 1 ketua dan 4 wakil ketua sudah sesuai aturan dan Undang-Undang yang berlaku.

Undang-UndangĀ  No 17 tahun 2014 sudah mengatur secara jelas, keanggotaan, pimpinan, komisi, badan/alat kelengkapan lainnya, jenis jenis rapat dan ain-lain. “Tidak ada perubahan lagi karena itu segera ditetapkan pada Sidang Paripurna,”kata M. Taufik, Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta, Senin (8/9).

Selain itu, Kemendagri juga beralasan, terkait dengan pimpinan DPRD, jika terjadi perubahan, selain bertentangan dengan PP No 16 berkaitan dengan keuangan, konsekuensi penambahan unsur pimpinan akan berimbas kepada anggaran yang bertentangan dengan Undang-Undang, terutama PP (Peraturan Pemerintah) yang mengatur tentang pembiayaan.(John)

 

Teks : Suasana pelantikan anggota DPRD DKI