Wednesday, 19 September 2018

Jokowi Tolak Menterinya Pakai Mobil Mercedes Benz

Selasa, 9 September 2014 — 13:28 WIB
jokowii

GAMBIR (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang juga presiden terpilih mengaku kalau bisa memilih, dia tidak ingin para menterinya nanti diberikan fasilitas mobil dinas berupa sedan baru dan mewah. Dia berpendapat, lebih baik menggunakan mobil lama karena kondisinya juga masih bagus.

“Jadi, kalau saya ditanya, jawabannya nggak usah beli mobil mewah tadi,” ujar Jokowi di Balaikota, Gambir, Selasa (9/9). Tapi menurutnya itu bukan kewenangannya karena untuk pengadaan mobil merupakan wewenang Kementerian Sekretariat Negara Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. “Tapi kalau memang harus dibeli ya silakan saja,” tambahnya.

Kendaraan lama untuk menteri dan pejabat setingkatnya di pemerintahan Presiden SBY adalah Toyota Royal Saloon yang saat ini kondisinya masih layak pakai. Sementara itu Setneg berencana akan membeli sejumlah mobil mewah Mercedes Benz untuk menteri kabinet Jokowi.

Kementerian Sekretariat Negara Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II telah menetapkan PT Mercedes-Benz Indonesia sebagai pemenang lelang kendaraan untuk menteri periode mendatang. Berdasarkan pengumuman pemenang lelang bernomor Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 yang diterbitkan situs setneg.go.id, pemenang lelang pengadaan itu adalah PT Marcedes-Benz Indonesia. Penetapan pemenang lelang diputuskan pada 28 Agustus 2014. Adapun anggaran pengadaan mobil kementerian ini Rp 91,9 miliar.

Jokowi mengaku dirinya sudah dihubungi pihak Setneg tentang rencana pengadaan mobil baru itu. “Saya sudah ditelepon dan menurut saya nggak usah beli saja, biar pakai yang lama. Tujuannya adalah untuk penghematan,” imbuhnya.

(joko/john/sir)

  • Israil Rail

    s7

  • Mangap

    Betul. mobil lama masih bagus khan ?
    pemerintah saat ini butuh anggaran/ dana untuk hal lain yang lebih penting. yang lebih membantu Rakyat.
    Kenapa pemerintahan lama mengurusi urusan pemerintah akan datang ?