Sunday, 23 September 2018

Pabrik Gula Dibangun di Lamongan

Selasa, 9 September 2014 — 19:35 WIB
tebugul108

SURABAYA(Pos Kota)-Di Lamongan, Jawa Timur, segera beroperasi pabrik gula dengan kapasitas produksi terpasang 10 ribu Ton Cane per Day (TCD). Pabrik yang berlokasi di Kecamatan Ngimbang tersebut dibangun oleh investor dari Jakarta, PT Kebun Tebu Mas (KTM).

Investor optimis pabrik gula itu bisa beroperasi  pertengahan tahun 2015. Hal tersebut disampaikan Saldi ketika dikonfirmasi wartawan  Selasa(9/9).

Dikatakan Saldi, data dari Dinas Pertanian & Perkebunan Lamongan, dari luasan lahan sawah yang mencapai 88.221 ha, lahan tadah hujan yang memiliki potensi perkebunan tebu mencapai 30.771 ha. Sementara alokasi untuk PT KTM 18.032 ha. Di luar itu, PT KTM juga  membeli tebu dari rakyat dengan sistem jual putus.

Untuk sumber air kebutuhan industri, dia optimis dengan sumber air yang ada di Ngimbang. Disebutkan olehnya, terdapat sumber air bawah tanah dengan debit 20 liter per detik. “Meski sumber air bawah tanah cukup melimpah, namun hanya akan kami manfaatkan sebagin saja, sekita 60 persen. Sementar sisanya akan diambilkan dari embung Kali Lamong agar tidak mengganggu sumber air di sana, “ terangnya.

“Pembangunan pabrik gula di Lamongan ini adalah langkah awal menuju target swasembada tebu. Produksi gula nasional tidak pernah mencukupi tingkat konsumsi yang mencapi sekitar 5 juta ton setiap tahunnya. Dengan produksi gula nasional 2 hingga 2,9 juta ton, untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga saja mencapai 2 juta ton dengan pertumbuhan 2,5 persen pertahun. Belum lagi untuk memenuhi kebuthan konsumsi industri yang mencapai 2 juta ton dengan pertumbuhan 12 persen dan kebutuhan UKM dan IKM yang mencapai 1 juta ton dengan pertumbuhan 9 persen, “ kata dia.

Saldi juga optimis pembukaan pabrik gula di Lamongan akan bisa menyerap 1.000 hingga 1.500 tenaga kerja di pabrik. Belum lagi tenaga kerja di lading yang diperkirakan bisa menyerap 20 hingga 25 ribu tenaga kerja.(nurqomar)