Friday, 20 September 2019

Plt Walikota Jakpus Kecewa Penyerapan APBD Masih Rendah

Selasa, 9 September 2014 — 7:50 WIB

GAMBIR (Pos Kota) – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Pusat, Rustam Effendi kecewa pasalnya penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Jakarta Pusat tahun 2014 masih sangat rendah. Penyerapan anggaran hingga bulan September ini (triwulan III) baru sekitar 12,89% dari target yang ditentukan sebesar 44,052%.

“Untuk itu, kepada SKPD yang penyerapan anggaran masih rendah supaya dapat meningkatkan kinerjanya,”ujar Rustam saat memimpin Rapat Pemantauan dan Pengendalian APBD, di ruang Rapat Walikota Jakarta Pusat.

Menurut para SKPD rendahnya penyerapan anggaran APBD tahun 2014 akibat proses lelang yang dilaksanakan Unit Layanan Pengadaan (ULP) tidak hanya merosot dalam penyerapannya tapi juga lambat dalam proses pengadaan barang dan jasa.

“Saya tidak mau tahu apapun alasannya, para SKPD harus meningkatkan kinerjanya, agar penyerapan APBD tahun 2014 bisa meningkat”, tegas Rustam. “Saya heran masih ada SKPD yang penyerapan anggarannya masih 3,67%. Penyerapan ini harus ditingkatkan semaksimal mungkin agar mendekati target yang telah ditentukan,”tandasnya lagi.

Dalam proses lelang yang dilakukan oleh ULP, Rustam minta kepada para SKPD-SKPD agar mengikuti dalam pemprosesannya, karena ini merupakan tugas kepala suku dinas untuk mengawal prosesnya.

Penanganan Sampah lingkungan agar tidak menumpuk dan mengantisipasi genangan air yang terdapat di 104 titik yang merupakan program prioritas Gubernur DKI Jakarta harus mendapat perhatian serius dari pihak sudin Kebersihan dan Sudin PU Tata Air. “ Jika terjadi hujan lebat saluran jadi berfungsi baik, jangan sampai titik genangan bertambah. Lakukan Koordinasi dengan camat, Lurah, RT, RW, dan masyarakat agar lebih intens melakukan kegiatan kerja bakti di wilayahnya masing-masing,” tambah Rustam.

(bambang/sir)

  • suwiryo

    awas ya, ada indikasi korupsi, cepek saja, siap-siap panjara bertahun-tahun!