Tuesday, 12 December 2017

Pasca Lebaran

508 Warga Pendatang di Jakbar Dapat SKDS

Rabu, 10 September 2014 — 7:48 WIB

KEMBANGAN (Pos Kota) – Sudah 508 warga musiman di Jakarta Barat mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) dari Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakbar. Mereka tinggal di Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah dan Kelapa Dua Kecamatan Kebon Jeruk.

Kasudin Dukcapil Jakbar, H Ahmad Fauzi menjelaskan pasca lebaran hingga saat ini pihaknya terus menggelar pembinaan penduduk (biduk). Para pendatang baru atau warga musiman/pendatang diminta mengurus SKDS. “Kebanyakan dari mereka profesinya buruh konveksi, pabrik, dan pedagang,” jelasnya.

Dari 508 warga musiman yang mendapatkan SKDS terdiri, 371 warga di Kelurahan Palmerah dan 137 warga di Kelurahan Kelapa Dua. Saat ini biduk tengah dilakukan di Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk. Tahun 2014 ini biduk alan dilaksanakan sebanyak 12 kali. “Tahun 2015, sosialisasi biduk akan dilakukan di setiap kelurahan,” kata Ahmad Fauzi.

Ditambahkan, SKDS yang dipegang warga pendatang bisa dijadikan pengamanan atau bukti ketika ada operasi kependudukan. Persyaratan untuk membuat SKDS antara lain, memiliki KTP dan kartu keluarga (KK) daerah asal, ada rumah tinggal di Jakarta yang dibuktikan dengan KTP dan KK penjamin, serta surat pengantar RT/RW sesuai tempat tinggal di Jakarta.
(tarta/sir)