Thursday, 20 September 2018

Liga Champions

Real Madrid-Basel: Momen Bangkit dari Keterpurukan

Selasa, 16 September 2014 — 15:43 WIB
FC Basel's players attend a training session on the eve of their Champions League match against Real Madrid at Santiago Bernabeu stadium in Madrid

FC Basel latihan jelang duel melawan Real Madrid. (reuters)

REAL Madrid membidik kemenangan dalam laga awal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (17/9) dinihari WIB. Lawannya, FC Basel, pernah dikalahkan dalam Piala UEFA 1971.

Kemenangan di pertandingan ini diharapkan bisa membawa semangat baru bagi klub kaya ibukota Spanyol ini. Saat ini, Los Blancos memang dirundung hasil negatif. Setelah meraih trofi Liga Champions musim kompetisi 2013/2014, Madrid terus gagal.

Kegagalan pertama dialami saat melawan rival sekota, Atletico Madrid, di ajang Piala Super Spanyol. Sejak itu, tim bertabur bintang ini belum juga gemilang. Mengawali La Liga dengan mengalahkan Cordoba 2-1, Madrid terpuruk pada dua pertandingan berikutnya. Kalah 2-4 dari Real Sociedad, pasukan Carlo Ancelotti ini kembali dipermalukan 1-2 oleh Atletico yang bertandang ke Santiago Bernabeu.

Tiga kekalahan dalam empat penampilan tentu bukan modal bagus untuk bermain di kompetisi elite Eropa. Beruntung, pengundian menempatkannya melawan Basel yang secara umum kualitas pemainnya berada di bawahnya.

Meski berhadapan dengan tim yang tak setingkat, dipastikan Madrid tak bisa melakukan ujicoba dalam laga ini. Kemenangan menjadi harga mati bila tak ingin makin tersungkur. Apalagi, semua pemain andalam dalam kondisi siap tempur. Ini tak termasuk Sami Khedira dan Dani Carvajal yang masiih cedera.

Tapi Basel bukan tim tanpa taji. Meski Madrid mampu memenangkan 10 laga kandang melawan tim dari Swiss, tapi Basel mnejadi satu-satunya tim yang bisa membobol gawang Madrid di Santiago Bernabeu.

Mengandalkan Walter Samueal, bukan tak mungkin mantan pemain Madrid ini mencetak gol ke gawang lawan. Apalagi Basel datang dengan percaya diri tinggi setelah meraih enam kemenangan dari delaoan laga liga domestik. Sayang, pada pertandingan terakhirnya, pasukan Paulo Sousa dikalahkan Grasshopper dengan 1-3.

Menarik disimak upaya tuan rumah untuk bangkit dari keterpurukan untuk mempertahankan gelar. Juga, sayang dilewatkan perlawanan tim tamu yang berusaha memanfaatkan situasi lawan yang tengah jatuh demi mengulang musim 2011/2012 untuk lolos babak 16 besar. (yp)

Perkiraan susunan pemain
Real Madrid: Casillas; Ramos, Varane, pepe, Marcelo; Modric, Kroos; Ronaldo, James, Bale, Benzema
Basel: Vaclik; Safari, Samuel, Schar, Suchy; Xhaka, Frei, Calla, El Nenny, kakiani; Steller