Sunday, 18 November 2018

Rupiah Diprediksi Masih Terus Melemah

Selasa, 16 September 2014 — 19:03 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Nilai tukar rupiah diperkirakan masih terus melemah sampai akhir September ini. Bahkan rupiah bisa menembus level Rp12 ribu/dolar AS.

“Posisi rupiah masih terus melemah hingga akhir bulan ini,” kata Lana Soelistianingsih, pengamat ekonomi, Selasa (16/9).

Ia menegaskan melemahnya nilai tukar rupiah bukan karena belum tersusunnya postur kabinet baru. Tapi karena adanya faktor eksternal dan internal.

Faktor eksternal terutama jatuhnya nilai tukar Euro terhadap dolar AS. Kondisi ini menyebabkan mata uang lainnya ikut melemah.”Jadi tak hanya rupiah saja¬† melemah, mata uang negara Asia Tenggara juga bernasib sama,” jelasnya.

Sedangkan faktor internal (dalam negeri), terkait dengan  pembayaran utang dalam negeri.

Setiap Maret, Juni dan September merupakan musim bayar utang. Banyak perusahaan swasta pada bulan ini yang membayar utang luar negeri. Sehingga kebutuhan terhadap dolar AS di pasar negeri meningkat.

Dengan meningkatnya kebutuhan dolar AS di dalam negeri berpotensi melemah. Nilai tukar rupiah bisa menembus angka Rp12 ribu/dolar AS.

Namun, ia menegaskan semua tergantung Bank Indonesia (BI). Jika BI bisa menjaga, rupiah tidak akan menembus angka Rp12 ribu. Sebaliknya, kalau BI membiarkan, rupiah akan tembus di atas Rp12 ribu/dolar AS. (setiawan)