Wednesday, 26 September 2018

Palang Merah Remaja Gelar Jumbara di Cibubur

Rabu, 17 September 2014 — 21:35 WIB
dokumentasi

dokumentasi

CIPAYUNG (Pos Kota) – Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) VII tahun 2014, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan yang dilaksanakan pada 17-20 September mendatang diharapkan dapat membentuk relawan PMI.

“Palang Merah Remaja adalah cikal bakal Relawan PMI yang menjamin kesinambungan organisasi PMI di masa depan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Jumbara PMR VII/2014 PMI DKI Jakarta, Gde Sardjana, Rabu (17/9).

Menurutnya, dengan berbagai kegiatan yang bisa memunculkan kependulian, ceria dan bersahabat, diharapkan dapat memacu keterampilan akan memupuk kemampuan kerja kelompok. Dari situ, rasa kepedulian untuk saling tolong menolong dan kepemimpinan sesungguhnya dapat muncul. “Anggota PMR diharapkan dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sessuai Tri Bakti PMR,” kata Gde lagi.

Ditambahkannya, melalui kegiatan Jumbara ini juga dapat dijadikan ajang simulasi penanganan kecelakaan atau bencana. Dari situ, anggota PMR siap berperan aktif bersama relawan PMI dalam penanganan kecelakaan dan bencana. “Tak banyak para remaja yang mau merelakan waktunya untuk melakukan kegiatan sosial,” tuturnya.

Acara Jumbara PMR tingkat DKI Jakarta ini sendiri dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Tahun 2014 merupakan penyelenggaraan Jumbara yang kedelapan kali. Jumbara PMR ini juga merupakan sarana untuk mengevaluasi penerapan kurikulum pembinaan serta pelatihan PMR di DKI Jakarta. “Dalam kegiatan ini, 2500 peserta dari seluruh wilayah DKI ikut andil sekaligusĀ  dalam rangka memperingati HUT ke-69 PMI,” ujarnya. (Ifand)

TeksĀ  : Ribuan siswa yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) dalam kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR VII tahun 2014. (Ifand)