Tuesday, 20 November 2018

Penderita Hipertensi, Silakan Makan Sate Kambing

Jumat, 19 September 2014 — 7:09 WIB
bakar sate massal2610

BOGOR (Pos Kota) – Anggapan bahwa makan daging kambing mengakibatkan penyakit darah tinggi tidak selamanya benar. Bahkan penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, masih dibolehkan menikmati sate kambing asal tidak berlebih.

“Ya satu atau dua tusuk masih boleh yang penting dibarengi dengan sayuran seperti tomat atau mentimun,”kata Dr.Tiurna Sinaga, MFSA. staf pengajar dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia.

Dr Tiurna yang juga pakar kuliner ini menjelaskan, ketika Hari Raya Idhul Adha datang, banyak daging kambing yang bisa dimasak sesuai selera seperti sop, gulai, atau sate.Ia memberikan rahasia resep memasak sate kambing yang cepat empuk dan enak.

Berikut resep sate kambing yang disarankan Dr.Tiurna.

o. Pertama, siapkan satu kilo gram daging kambing yang dipotong menyerupai dadu. Daging tidak perlu dicuci jika dalam proses pemotongan benar dan penanganannya bersih.

o. Siapkan kecap manis sebanyak 200 ml, parutan nanas 100 gram atau kira-kira seperempat nanas ukuran sedang.

Cara membuat, campurkan kecap manis dan parutan nanas, tusuk daging kambing dengan tusukan dari bambu.

Supaya rasanya gurih tusukan daging sebaiknya diselingi dengan lemak. Satu tusuk cukup lima potong daging, jangan terlalu rapat dan banyak karena akan mempengaruhi proses pematangannya. Rendamkan daging ke dalam campuran kecap manis dan parutan nanas selama 5 menit.

Nanas akan membuat daging cepat empuk karena nanas mengandung enzim bromelin.

Jika tak ada nanas, bisa diganti dengan daun pepaya. Caranya, daging kambing dibungkus dengan daun pepaya dan didiamkan selama 20 menit.

Daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk karena daun pepaya mengandung enzim papain.
Ketika persiapan sudah selesai daging tinggal dibakar.

Dalam proses pembakaran, olesi sate dengan sisa bumbu sambil dibolak-balik.Lakukan dua sampai tiga kali sampai sate matang dengan sempurna. Kemudian, hidangkan bersama sambal kecap atau sambal kacang sesuai selera. (yopi)