Monday, 17 June 2019

Pada Usia ke-150 Tahun

Ragunan Menuju Kebun Binatang Internasional

Sabtu, 20 September 2014 — 21:13 WIB
raguna

PASAR MINGGU (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sebagai kebun binatang berkelas internasional.

“Di usia yang ke-150 tahun, koleksi satwa TMR diharapkan dapat terus bertambah dengan kondisi yang sehat disertai  pelayanan berkualitas kepada pengunjung,” kata Sekretaris Daerah DKI, Syaefullah saat peringatan HUT ke-150 TMR, Sabtu (20/9).

Keberadaan TMR seluas 140 hektar dengan koleksi lebih dari 2.000 satwa merupakan wadah konservasi pelestarian alam fauna dan flora, edukasi, penelitian, andalan ruang terbuka hijau (RTH) dan serapan air di Ibukota. Idealnya Jakarta memiliki 30 persen RTH, tapi kini belum juga mencapai 10 persen dari total luas wilayah.

Syaefullah menjelaskan TMR dalam operasionalnya  berada di bawah Badan Pelayanan Daerah. Setiap tahunnya mendapat subsidi Rp70 miliar dari Pemprov DKI dan mematok harga tiket masuk Rp4.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

Pada acara tersebut, Syaefullah memberi nama Lestari kepada satu bayi gajah yang lahir Desember 2013.

Selain itu menyemarakkan HUT TMR, pimpinan Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Hashim Djojohadikusumo meresmikan patung dada Raden Saleh. Patung coklat itu diukir selama 3 bulan sebagai tanda jasa kepada salah satu pendiri TMR.

Kepala Taman Margasatwa Ragunan, Marsiwity Gumay menjelaskan di usia 150 tahun TMR tetap masih harus berbenah di antaranya memperbaiki kandang satwa yang diakuinya sudah ketinggalan jaman.

“Perbaikan kandang sudah sangat mendesak agar para satwa dapat nyaman tinggal di dalamnya,” ujarnya.

Wiwid juga bermaksud menambah koleksi spesies satwa di TMR. Jika ada salah satu jenis hewan yang berjumlah banyak di TMR, maka akan ditukar dengan koleksi dari kebun binatang lain sehingga dapat kian beragam. (Rachmi)

Teks foto:Pimpinan Yayasan Arsari Djohadikusumo, Hasyim Djojohadikusumo disaksikan Sekda DKI, Syaefullah meresmikan patung Raden Patah menandai peringatan HUT-150 TMR, Sabtu (20/7). (Rachmi)