Friday, 16 November 2018

Ditanam Dengan Cara Hidroponik, Warga Cengkareng Panen Sayuran

Minggu, 21 September 2014 — 13:13 WIB
sayur1

CENGKARENG (Pos Kota) – Warga RW 12 Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) melakukan panen sayur-sayuran yang ditanam di lahan kosong dengan cara hidroponik. Bermacam jenis sayuran mereka petik untuk dikonsumsi sendiri.

Selama ini warga memanfaatkan lahan kosong milik PLN di bawah tegangan tinggi berbatasan kantara Kelurahan Cengkareng Timur dan Kapuk. Di lahan dengan luas 9×10 m2 (greenhouse), bermacam sayuran ditanam dengan cari hidroponik yaitu bukan ditanam di tanah, tapi di atas.

Panen sayuran perdana ini dilakukan Camat Cengkareng, Ali Maulana Hakim bersama Wakil Camat, Masud Effendi dan ibu-ibu PKK. Adapun sayuran yang dipanen diantaranya Kangkung, Sawi, Pokcoi, Letuce dan lain-lain.

“Ini merupakan lahan tanaman hidroponik percontohan, meskipun lahan terbatas namun tidak menjadi kendala untuk menanam sayuran,” kata Ali Maulana Hakim, Camat Cengkareng, Minggu (20/9).

Dikatakan, penanaman sayuran hidroponik ini akan terus dikembangkan, di mana setiap kelurahan harus mempunyai lokasi di RW atau RT yang menjadi percontohan. Di mana dengan memanfaatkan lahan kosong yang belum dimanfaatkan.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pelatihan penanaman sayuran hidropnik kepada warga dan kader-kader PKK. Diharapkan nantinya mereka bisa menjadi relawan untuk memasyarakatkan tanaman hidroponik di lingkungan rumahnya. “Para lurah agar mendukung dan memiliki lokasi percontohan masing2,” jelasnya .

Selain itu, untuk skala rumahan setiap warga dapat menanam tanaman dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol aqua untuk menanam sayuran dengan cara hidroponik.

(tarta/sir)

Teks Gbr- Camat Cengkareng, Ali Maulana Hakim tengah panen sayuran hidroponik. (tarta)