Thursday, 20 September 2018

Seribuan Pecinta Burung Padati Lapangan Banteng

Minggu, 28 September 2014 — 17:10 WIB
lomba burung foto joko sudadi

JAKARTA (Pos Kota) – Sedikitnya 1.000 pecinta burung tumplek-blek di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Penggemar dari berbagai daerah ini mengikuti lomba burung berkicau yang diselenggarakan Garuda Team Kemayoran, Minggu (28/9).

Kegiatan bagi pecinta burung se-tanah air ini dibuka Usmayadi, Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya. “Kegiatan ini agar menjadi ajang wisata serta meningkatkan pelestarian burung,” ujar Usmayadi. Simbol dimulai acara itu, ia menggantangkan burung love bird di arena lomba.

Lomba burung itu diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. “Panitia membuka 23 lomba yang mempertandingkan burung murai batu, love bird, cucak hijau, kacer, kenari, cocak jenggot, pentet, anis merah, ciblek, dan lainnya,” ujar Edhie Edward, penanggung jawab lomba.

Menurutnya, acara ini untuk pemanasan menyambut lomba tingkat nasional memperebutkan Piala Panglima TNI pada Minggu, 19 Oktober di Lapangan Banteng. “Pada lomba tingkat nasional nanti diprediksi jumlah peserta dan pengunjung jauh lebih banyak,” tambah Edhie yang juga Ketua Garuda Team Kemayoran.

Peserta dan pengunjung memadati Lapangan Banteng dari pagi hingga sore. Lomba memperebutkan beberapa kelas termasuk kelas Bang Yos (mantan Gubernur DKI Sutiyoso) berhadiah utama uang Rp 10 juta. Panitia menyiapkan uang tunai hadiah total hampir Rp 40 juta untuk dibagikan di semua kelas.

Lomba berlangsung meriah karena dipadati pengunjung serta kalangan pedagang yang menjual pernak-pernik perburungan, kaos dan aksesori pecinta burung. Ini termasuk pedagang makanan.

Hajatan semacam ini juga banyak didatangi juragan yang berburu burung lomba. “Saya hari ini siapkan modal Rp 100 juta buat beli murai batu dan love bird,” ujar Antony, penggemar dari Kelapa Gading yang menawar love bird jawara seharga Rp 30 juta. “Murai yang masuk tiga besar saya tawar Rp 40 juta tapi gak dikasih sama yang punya,” ujar anggota Kicau Mania Sejati. (joko)