Tuesday, 18 September 2018

Indonesia Surga Wisata Dunia

Rabu, 1 Oktober 2014 — 13:41 WIB
Destinasi wisata Indonesia yang digemari turis. (ist)

Destinasi wisata Indonesia yang digemari turis. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia memiliki alam yang indah dan letaknya yang strategis bisa membuat Indonesia menjadi surganya wisata MICE (meeting insentif convention exhibition) dunia.

Dari tujuh minat khusus pariwisata yang ditetapkan pemerintah, sektor MICE disebut paling potensial dan efektif dalam mendatangkan wisatawan. Hal itu dikemukakan Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI), Wiryanti Sukamdani, kemarin.

Indonesia, kata Yanti, sesungguhnya memiliki potensi menjadi surga wisata MICE dunia. Karena memiliki sejumlah destinasi wisata pendukung yang dapat mencapai tujuan tersebut, mulai dari wisata alam, bahari dan gunung. Terlebih Indonesia memiliki ragam budaya serta kekayaan alam yang dapat menjadi kekuatan untuk menjadi tempat digelarnya MICE.

“Indonesia dengan sejumlah destinasi wisata alam, bahari, ekoturisme yang dimiliki merupakan modal utama yang bisa menjadikan Indonesia sebagai surga wisata MICE dunia,” kata Wiryanti
Sukamdani dalam Gathering Pers bertema Indonesia sebagai Surga MICE Dunia di Jakarta,kemarin.

Wiryanti mengatakan wisata MICE sangat potensial dikembangkan di Indonesia karena kontribusinya yang semakin besar dalam menjaring jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Pada 2013, BPPI mencatat wisata MICE berkontribusi 40 persen terhadap jumlah kunjungan wisman sepanjang tahun. (lina/yo)