Sunday, 18 November 2018

Kebakaran Di Koja Hanguskan 40 Rumah

Senin, 6 Oktober 2014 — 13:26 WIB
Petugas pemadam berupaya menguasai api di Koja. (ilham)

Petugas pemadam berupaya menguasai api di Koja. (ilham)

KOJA (Pos Kota) – Sebanyak 40 rumah hangus terbakar di lokasi penduduk kawasan Tanah Merah, Plumpang, Koja, Senin (6/10). Kebakaran diketahui warga sekitar pukul 09.30 WIB, dari rumah salah seorang warga di RT 06/10, Rawa Badak Utara, Koja yang berinisial SD, 45. Akan tetapi karena banyaknya bangunan yang terbuat dari material yang mudah terbakar, api cepat membesar hingga merambat ke tempat lain.

Trisnawati, 60, mengatakan api yang cepat membesar, ia tidak sempat menyelematkan harta benda selain pakaian yang dipakai. Dijelaskan, awal kejadian kebarakan itu berasal dari rumah tetangganya, SD.

“Sekitar jam 09.30 saya denger bunyi  dari rumahnya. Kemudian api tiba-tiba membesar,” jelasnya. Dikatakan Trisna, tetangganya baru pindah ke lingkungan malam tadi. Dirinya menduga kebakaran terjadi akibat instalasi listrik yang tengah dipasang oleh SD. Lokasi kebakaran itu persis di belakang Depo Pertamina Plumpang di RT 05, 06 dan RT 07/10 Rawa Badak Selatan.

Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar dan PB, Muchtar Zakaria, mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 18 unit mobil pemadam untuk memadamkan api. Namun, karena kesulitan mengakses lokasi serta banyaknya material bangunan rumah warga yang mudah terbakar, api baru dapat dikuasai sekitar 1 jam kemudian.

“Kita belum bisa simpulkan penyebab kebakaran sebab masih didata. Untuk data sementara yang terbakar sebanyak 40 rumah dengan jumlah KK 70,” ujarnya.

Kapolsek Koja, Kompol TP Simangunsong menjelaskan, selain puluhan rumah terbakar, ada beberapa rumah lain yang turut dihancurkan agar api tidak meluas. Akan tetapi, dirinya belum bisa menyimpulkan secara pasti penyebab kebakaran itu.

“Saat ini kita masih mendata yang menjadi korban dan memeriksa saksi. Dari kecamatan dan kelurahan akan mendirikan posko untuk korban kebakaran,” tandasnya. (ilham/yo)