Sunday, 22 September 2019

KADIN Dukung Pembentukan Kementerian Ekonomi Kreatif dan MICE

Rabu, 8 Oktober 2014 — 9:54 WIB
Salah satu industri kreatif pengrajin Indonesia. (ist)

Salah satu industri kreatif pengrajin Indonesia. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dukung rencana pembentukan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kementerian yang khusus menangani Industri MICE (Meeting, Insentif, Convention, Exhibition).

Rencana pembentukan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kementerian yang khusus menangani Industri MICE disambut baik karena dinilai dapat mendorong industri kreatif dan MICE lebih bergairah di tanah air.

Kadin mencatat, industri kreatif pada 2013 menyumbang Rp486,1 triliun atau setara dengan 7,29 persen dari produk domestik bruto. Industri kreatif juga telah menyerap 11,8 juta tenaga kerja.

“Kita sangat mengapresiasi rencana itu, diharapkan dengan adanya Kementerian ini industri kreatif di Indonesia bisa lebih berkembang dan menggeliat, karena potensinya sangat besar. Sekarang industri kreatif tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, karena ekonomi kreatif kita sudah berkembang dan terus berkembang mulai dari periklanan, industri konten sampai ke perfilman,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif dan MICE,  Budyarto Linggowiyono, kemarin.

Menurut Budyarto, untuk menangani ke 15 subsektor ekonomi kreatif diperlukan pemimpin yang mampu membuat kebijakan dan program yang dapat mempercepat pengembangan industri kreatif serta memiliki pengalaman yang mumpuni.

“Kriterianya bukan dari yang sudah populer saja atau praktisi dari industri kreatif, tapi yang lebih penting adalah yang sudah berpengalaman dan sudah terbukti kemampuannya,” kata Budyarto. (lina/yo)