Thursday, 19 September 2019

Pramuka Dilatih Teknologi Robot

Rabu, 8 Oktober 2014 — 13:28 WIB
Ketua  Kwarcab Pramuka Jakbar, Isnawa Adji (ke-4 dari kiri) bersama pengurus lainnya pada acar pelatihan robotika. (tarta)

Ketua Kwarcab Pramuka Jakbar, Isnawa Adji (ke-4 dari kiri) bersama pengurus lainnya pada acar pelatihan robotika. (tarta)

KEMBANGAN (Pos Kota) – Anggota Pramuka di Jakarta Barat (Jakbar) mendapatkan pelatihan robotika. Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya mereka mengenal teknologi robotika dan bisa mengimplementasikan  untuk bersaing pada kompetisi tingkat dunia.

Pelatihan ini merupakan program  Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta dan dilaksanakan bekerjasama dengan Sudin Pendidikan Dasar dan Sudin Pendidikan Menengah Jakbar serta PT Robotika Indonesia. Walikota Jakbar, sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini karena sangat positif dan mengajak anggota pramuka untuk terus maju mengikuti perkembangan teknologi.

“Ini sangat positif, sebagai anggota pramuka harus menguasai teknologi dan informasi, termasuk teknologi robotika,” jelas M. Yuliadi yang juga pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicap) Pramuka Jakbar, Rabu (8/10) saat membuka pelatihan robotika di kantor walikota.

Yuliadi juga menambahkan Pemko Jakarta Barat juga akan mensinergikan kegiatan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dengan Kwarcab Pramuka. Seperti kebersihan, penanaman pohon, kepariwisataan, pemberdayaan masyarakat dan lain-lain.

Ketua Kwarcab Pramuka Jakbar, Isnawa Adji menambahkan pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu tanggal 8 dan 15 Oktober 2014 dengan peserta masing-masing 50 orang. Diharapkan dengan kegiatan ini anggota pramuka mengenal teknologi robotika.

Nantinya, akan diseleksi 4 group pramuka untuk mengikuti kompetisi robotik tingkat DKI Jakarta. “Harapannya nanti bisa berprestasi pada kompetisi robotik tingkat nasional hingga dunia,” kata Isnawa. (tarta/yo)