Wednesday, 21 November 2018

Jaga Mulut Kamu, Dong…!

Jumat, 10 Oktober 2014 — 3:03 WIB
Dhika-10Okt

JAGA mulutmu! Itu yang sering diingatkan pada orang yang bicara sembarangan,seperti memaki,meremehkan orang lain. Atau juga mengobral janji, tapi tak ditepati.

Karena kata-kata yang keluar dari mulut,baik atau buruk,apalagi dilontarkan pada orang lain,akan  bisa menghipnotis bagi lawan bicaranya. Kalau itu kata-kata baik,Insya Allah akibatnya baik.Tapi,bila itu kata-kata yang buruk menghasilkan hal yang buruk juga. Misalnya,kata caci maki,akan menghasilkan sakit hati dan dendam!

Kalau dendam itu terus dipelihara dan berkepanjangan,bisa dibayangkan akibatnya. Seseorang,siapapun dia,kecil atau orang lemah sekalipun menjadi punya kekuatan yang luar biasa,dan mampu melakukan hal seperti membunuh!

Banyak kasus,seseorang yang terlihat lemah lembut,tapi bisa membunuh,bahkan bisa lebih dari satu orang korbannya. Misalnya,orang yang dberlalakukan seperti waria tapi mampu menghabisi nyawa orang lain. Seorang pembatu,PRT,yang kecil,wanita atau pria bisa menganiaya majikan yang galak.Dan masih banyak lagi kasus semacam.Malah,ada juga anak yang tega membunuh orang tuanya,karena kata-kata kasar dari korban.

Begitulah,kata-kata yang  mudah keluar dari mulut,tapi akibatnya luar biasa.Oleh sebab itu,sebaiknya siapapun diharakan bisa mengelola ‘kata-katanya’dengan baik. Jangan mengobral janji seperti para politikus waktu kampanye. Kami mau ini,mau itu,membantu rakyat. Hidup sejahtera.

Tapi,kenyataan tidak seperti apa yang diucapkan. Mudah diucapkan,sulit untuk dilaksanakan. Ini yang bahaya. Mereka,para politikus mungkin sudah lupa dengan ucapannya,karena sibuk dengan kepentingan diri sendiri,ribut sendiri.

Ingat,mulut kamu,harimau kamu!  Jangan lupa itu! Jadi sekali lagi,jaga mulutmu! – massoes