Monday, 24 September 2018

Ahok Berharap Tidak Segera Dilantik Jadi Gubernur DKI

Rabu, 15 Oktober 2014 — 13:59 WIB
Foto- Wagub DKI  Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Foto- Wagub DKI Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama berharap tidak segera dilantik menjadi gubernur. Sehingga dirinya memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di ibukota sebanyak dua kali.

Pasalnya, jika Basuki menjabat sebagai gubernur menggantikan Jokowi terhitung masa tugas selama 2,5 tahun maka mantan Bupati Belitung Timur ini hanya memiliki kesempatan satu kali untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

“Kalau jadi Gubernur menggantikan Jokowi kurang dari 2,5 tahun, maka saya bisa nyalonin dua kali lagi dalam Pilkada DKI. Tetapi kalau saya dilantik sekarang, saya rugi sebetulnya,” ujar pria yang akrab disapa Ahok ini di Balaikota, Rabu (15/10).

Karenanya Ahok mengaku sedang mencari cara agar DPRD DKI tidak segera melantiknya sebagi gubernur pasca Jokowi menjai Presiden RI.

Berdasarkan undang-undang, jika menjadi Gubernur kurang dari 2,5 tahun maka dirinya tidak akan dihitung menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, dia bisa mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI pada tahun 2017 dan 2022 mendatang. Namun sebaliknya jika Ahok menjabat gubernur dengan masa tugas 2,5 tahun maka ia hanya memiliki satu kesempatan untuk mencalonkan diri. Karena terhitung telah satu periode.

(guruh/sir)