Sunday, 18 November 2018

Percontohan di Lima Kota

Pemprov DKI Bangun Taman Layak Anak Terpadu

Kamis, 16 Oktober 2014 — 7:37 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) bersinergi dengan Tim Penggerak PKK yang menggandeng dunia swasta bertekat mewujudkan pembangunan Taman Layak Anak Terpadu (TLAT).

Sebagai percontohan (pilot project), TLAT dibangun di RT 09/RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Taman seluas 700 m2 itu dilengkapi dengan fasilitas posyandu, PAUD, arena. bermain, sarana prasarana penunjang kreativitas anak, lapangan bulutangkis dan lainnya. “TLAT percontohan ini dibangun sepenuhnya dengan biaya CSR PT Pembangunan Jaya,” ujar Kepala BPMP-KB, Deded Sukandar di kantornya kawasan Cempaka Putih.

Deded didampingi Kasubdit Kelembagaan Perempuan dan Anak, Jumadi, menambahkan pembangunan TLAT segera dilaksanakan.

“Kami sudah berkordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, selaku pemilik lahan, serta pihak manajemen PT Pembangunan Jaya,” jelasnya.

“Dalam rapat koordinasi itu, pihak PT Pembangunan Jaya minta segera diberi izin untuk membangun Taman Layak Anak Terpadu. Ibu Veronica Tan, istri Wakil Gubernur DKI Pak Basuki Tjahaja Purnama, sudah setuju pembangunan TLAT. Bahkan beliau menginginkan setiap wilayah memiliki Taman Layak Anak Terpadu,” tambahnya.

Pihak swasta yang telah dilobi oleh Veronica Tan, dan antusias membangun TLAT antara lain Astra Motor, Daitsu Motor, CNMP. “Pembangunan TLAT juga sebagai upaya mendukung program menuju Kota Layak Anak (KLA) berupa kegiatan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Saat ini setiap wilayah kota Jakarta telah memiliki percontohan kelurahan layak anak sebagai embrio menuju KLA,” tambah Jumadi. Kelurahan yang telah ditetapkan sebagai pecontohan menuju KLA yakni, Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), Kelurahan Gandaria Selatan (Jakarta Selatan), Kelurahan Palmerah (Jakarta Barat), Kelurahan Sungai Bambu (Jakarta Utara), Kelurahan Petojo Selatan (Jakarta Pusat), dan Kelurahan Untung Jawa dari Kabupaten Kepulauan Seribu.

(joko/sir)