Wednesday, 13 December 2017

Dapat Konpensasi Rp976 Juta

TKW Asal Karawang Disiksa Majikan di Saudi

Jumat, 17 Oktober 2014 — 9:08 WIB
Demo TKI di Bundaran HI.

Demo TKI di Bundaran HI.

JAKARTA – Seorang tenaga kerja Indonesia yang mendapat uang kompensasi sekitar Rp976 juta dari mantan majikannya di Arab Saudi karena disiksa diharapkan bisa pulang ke Indonesia dalam waktu sebulan ini.

Hayanti Mujiono Minarjo asal Karawang, Jawa Barat mengalami kerusakan bibir dan mata serta kulit di sekujur tubuh, ungkap Ahrul Tsani Fathurohman, pejabat KBRI di Riyadh, Arab Saudi.

“Mungkin karena disiram air panas, air keras kemudian bagian matanya yang satu juga luka cukup parah. Jadi kita saat ini sedang mencoba merawat dia juga, di rumah sakit yang ada di sini (Riyadh),” kata Ahrul kepada BBC Indonesia.

Hayanti bekerja selama hampir tujuh tahun pada seorang wanita berusia 60 tahun di daerah Qoisumah, Provinsi Timur.

Foto- Hayanti M. Minarjo, TKW Asal Karawang. (bbc)

Foto- Hayanti M. Minarjo, TKW Asal Karawang. (bbc)

Selama kurun waktu tersebut, Hayanti sering mendapat penyiksaan fisik dari majikannya dan pada Januari 2014 ditelantarkan di Masjidil Haram, Mekkah.

Hayanti M. Minarjo sering mendapat penyiksaan fisik dari majikannya. Polisi Arab Saudi akhirnya menemukan Hayanti dan menyerahkannya kepada pihak KBRI Riyadh.

KBRI Riyadh berencana menempuh jalur hukum, namun mantan majikan Hayanti menawarkan uang kompensasi yang disetujui Hayanti.

Kasus kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia sudah beberapa kali terjadi seperti kasus terhadap Sumiati tahun 2010 silam.

(bbc/sir)

  • Ade Bageur

    fpi begitu murahnya tki kita dibanding Arab ,brp ganti rugi yg hrs dibayar jika Arab yg mati /jadi korban

  • eddy

    goblok sekali kita disiksa arab mau aja. diadu domba arab mau aja. disuruh anarki arab mau aja.mikir dong.