Thursday, 23 November 2017

Walikota Tansel Airin Kembali Diperiksa KPK

Jumat, 17 Oktober 2014 — 17:12 WIB
Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (dok)

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany kembali diperiksa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi), Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/10). Walikota Tangerang Selatan, Airin Kali ini, ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tersangka mantan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak, Amir Hamzah dan Kasmin Bin Saelan.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dan jilbab bermotif kembang, Airin tiba sekitar pukul 14:00. Namun dia tidak banyak berkomentar soal pemanggilannya.

“Iya, ini merupakan penjadwalan ulang,” ujarnya, sambil tergesa masuk ke Gedung KPK.

Sekitar 1,5 jam kemudian, adik ipar Gubernur Banten non-aktif Ratu Atut Chosiyah itu keluar. Komentarnya senada seperti ketika dia datang.

“Ya saya diperiksa untuk Pak Kasmin dan Pak Amir. Saya datang untuk mentaati proses hukum. Selebihnya tanyakan ke penyidik KPK,” ucapnya.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengakui, Airin memang datang untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut. “Saksi untuk AH dan K,” katanya, saat dikonfirmasi, Jumat (17/10).

Menurutnya, pemeriksaan Airin hari ini merupakan penjadwalan ulang. Sedianya pemeriksaan istri Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan itu diagendakan, Rabu (15/10).

Dalam kasus itu, KPK menetapkan dua orang tersangka. Selain Amir tersangka lainnya adalah Kasmin. Penetapan tersangka keduanya merupakan pengembangan kasus sengketa Pilkada di MK yang menjerat mantan Ketua MK, Akil Mochtar. (yulian)