Saturday, 21 October 2017

Sebelum Musim Hujan, Ayo Kuras Saluran

Senin, 20 Oktober 2014 — 0:10 WIB
Lurah Kebon Baru, Bambang Suhada bersama warga RW 12 kerja bakti menguras saluran di Gang G, Jalan Buntu, Kebon Baru, Tebet, Jaksel. (Rachmi)

Lurah Kebon Baru, Bambang Suhada bersama warga RW 12 kerja bakti menguras saluran di Gang G, Jalan Buntu, Kebon Baru, Tebet, Jaksel. (Rachmi)

TEBET (Pos Kota) – Jelang musim hujan, warga RW 12 Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan bersama lurah kerja bakti menguras saluran.

Sejak pagi puluhan warga berbekal peralatan kebersihan berkumpul di Jalan Asem Baris Gang J untuk menggempur kawasannya yang dilintasi Kali Ciliwung.

“Kawasan di sini sudah puluhan tahun kebanjiran akibat luapan Kali Ciliwung. Jadi mumpung musim kemarau, saluran-saluran yang mampet kami kuras,” kata Maulana, warga RW 12 Kebon Baru, Minggu (19/10).

Lurah Kebon Baru, Bambang Suhada menjelaskan kerja bakti rutin diadakan setiap Minggu di seluruh wilayah Kebon Baru. Terutama diprioritaskan di kawasan rawan banjir yang berdekatan di bibir Kali Ciliwung.

“Kami mengerahkan 35 personil untuk membantu warga kerja bakti menguras saluran mampet akibat sampah maupun lumpur,” ujarnya.

Dalam kerja bakti tersebut, sedikitnya sampah satu truk berhasil diangkut dan dibuang ke TPST Bantar Gebang.

Hanya saja diakui Bambang Suhada, meski saluran sudah kerap dibersihkan tetap saja kembali dipenuhi sampah yang berasal dari ulah warga itu sendiri.

Untuk itu ia menekankan ke setiap warganya supaya menghentikan kebiasaan negatif yang membuang sampah ke saluran maupun ke kali karena berdampak menimbulkan banjir dan genangan.

“Dalam setiap kesempatan saya mengingatkan warga agar stop nyampah. Selain memasang spanduk-spanduk larangan membuang sampah ke kali di lokasi strategis,” imbuhnya. (Rachmi)

  • Rengga Irawan

    mentalnya bobrok…